Pegadaian

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto Raih Best CEO Tahun 2020

irektur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto meraih predikat Indonesia Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi versi Majalah SWA

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID – Direktur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto meraih predikat Indonesia Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi versi Majalah SWA.

Terpilihnya Kuswiyoto karena dinilai berhasil memacu inovasi digital dan mendorong kinerja bisnis melalui kolaborasi dengan berbagai institusi.

Apresiasi penghargan Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi ini telah melalui penilaian dan proses yang panjang, dimana survei telah dilaksanakan dari Oktober- Desember 2020.

Bagi CEO yang hendak mengikuti survei, harus menunjukan kinerja bisnis yang bagus dan memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di era kepemimpinannya.

Baca juga: James Arthur Kojongian Jadi Dipecat atau Tidak?  Belum Ada Kejelasan, Golkar Baru Agendakan Rapat

Baca juga: Tingkatkan Penggunaan TKDN Nasional, PLN - BPPT Teken MoU

Baca juga: BACAAN ALKITAB - Hidup Hanyalah Sebatas Tarikan Nafas

Chief Editor SWA Group, Kemal E Gani mengatakan parameter penilaian menggunakan konsep leadership yang dikembangkan oleh Franklin Cove,

yaitu The 4 Essential Roles of Leadership, yang merupakan penyempurnaan dari konsep Four Roles of Leadership.

Melalui parameter tersebut seorang CEO harus memiliki kemampuan yaitu Inspire Trust (membangun kepercayaan pada karyawan di tengah perubahan agar perusahaan survive),

Create Vision (mengkreasikan purpose/tujuan perusahaan), Execute Strategy (mengesekusikan strategi), dan Coach Potential (kemampuan menempatkan orang yang tepat di organisasi).

Baca juga: Ingat Yunita Lestari? Istri Kedua Daus Mini Datang ke Komnas Perlindungan Anak, Minta Tes DNA

Baca juga: Siswa Aviasi Nusantara Belajar Jurnalistik di Tribun Manado

“Apresiasi penghargaan best CEO kali ini kami berikan bobot lebih tinggi untuk parameter Inspire Trust dan Execute Strategy," kata Kemal, Kamis (25/02/2021).

Adapun detail bobot penilaian yaitu Inspire Trust 30 persen, Create Vision 25 persen, Execute Strategy 30 persen dan Coach Potential 15 persen, Ujar Kemal.

Kemal menambahkan pada survei pemilihan CEO terbaik, melibatkan minimal 30 responden yang merupakan karyawan dari perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Sosok Ahmad Sukina, Meninggal Dunia Hari Ini, Ustadz yang Dekat dengan Jokowi, Ini Biodatanya

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja 2021 Gelombang 12, Login prakerja.go.id , Ada Syaratnya

Melalui metode tersebut terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020 dengan indeks BEST CEO di atas 90.

“Kami lakukan survei dengan mengedepankan parameter The 4 Essential Roles of Leadership, untuk menjawab tantangan CEO di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity).

"Lalu setelah itu kami lakukan proses validasi dan pengelohana data survey. Setelah kami lakukan penilaian, terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020, dimana salah satunya adalah Direktur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto," ucap Kemal.

Baca juga: Olly Dondokambey Beber Strategi Pemerintah Atasi Banjir Kota Manado

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja 2021 Gelombang 12, Login prakerja.go.id , Ada Syaratnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved