Breaking News:

Sarundajang Meninggal

Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte Mengaku Sarundajang Merupakan Mentornya, Ikut Konvensi Capres

Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang yang hingga meninggalnya di usia 76 tahun jasanya masih dipakai negara yakni, Duta Besar dan Berkuasa Penuh Filipina

Tribun Manado
Presiden Rodrigo Roa Duterte saat masih menjabat Wali Kota Davao dan menjamu Dr SH Sarundajang saat masih menjabat Gubernur Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang yang hingga meninggalnya di usia 76 tahun jasanya masih dipakai negara yakni, Duta Besar dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Filipina bersama Kepulauan Marshall dan Palau.

Figur yang akrab disapa SHS ini dikenal merupakan birokrat politisi yang benar-benar lahir, besar dan berkarier dari Sulawesi Utara kemudian me-nasional.

Jabatan tertingginya sebagai birokrat yakni sebagai Irjen Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Kemudian pernah menjabat Gubernur Maluku dan Maluku Utara.

Sinyo Harry Sarundajang
Sinyo Harry Sarundajang (Istimewa)

Sedangkan sebagai politisi Sarundajang 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Sulut.

Satu di antara teman baik Dr Drs SH Sarundajang adalah Presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte. Konon kabarnya SHS dipercayakan Presiden Joko Widodo menjadi duta besar Filipina, karena akrabnya hubungan antara SHS dan Duterte.

Sarundajang dan Duterte sudah berteman sejak era tahun 1980-an. Saat itu Rodrigo Roa Duterte menjabat Wali Kota Davao dan SH Sarundajang merupakan Wali Kota Administratif Bitung.

Keduanya merancang Bitung dan Davao sebagai sister city. SHS yang lama menjabat Wali Kota Administratif Bitung, kemudian menjadi Wali Kota Madya Bitung menjadikan Duterte dan Sarundajang, dua sahabat akrab.

Terakhir pada tahun 2014, SH Sarundajang yang menjabat Gubernur Sulut bersama delegasi besar mengunjungi Davao dan dijamu Rodrigo Roa Duterte yang saat itu masih menjabat Wali Kota Davao dan sedang bersiap mencalonkan diri menjadi Presiden Filipina.

Saat itu dalam sambutannya Duterte mengatakan, Dr SH Sarundajang merupakan mentor politik dan pemerintahan yang diseganinya. " Sarundajang itu mentor saya, " ujarnya dalam diskusi yang penuh dengan canda.

Rodrigo mengatakan, dia telah menjabat Wali Kota sejak 20 tahun lalu, kemudian turun menjadi Wakil Wali Kota dan dipercayakan lagi menjadi Wali Kota. Dia pun memuji karier politik SHS yang awalnya Wali Kota Bitung dan kini menjadi Gubernur Sulut. " Saya salut dengan Pak Sarundajang, " ujarnya di Hotel Gran Menseng, Davao, saat itu.

Baca juga: VIRAL, Pria Tak Mau Bayar COD Kepada Kurir Padahal Barang Sudah Dibuka, Ini Pengakuannya

Baca juga: Karir Mentereng SH Sarundajang di Politik, Masuk Bursa Capres, Kalah di Pemilihan Ketua Demokrat

Halaman
1234
Penulis: Aswin_Lumintang
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved