Breaking News:

Berita Manado

KPU Manado Siapkan Kuasa Hukum dan Alat Bukti Hadapi Gugatan di MK

Seperti diketahui hasil sementara surat suara dimenangkan oleh salah satu calon nomor urut 1 Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS).

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: Frandi Piring
Kompas.com
Ilustrasi Sidang putusan sengketa pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Gugatan salah satu Pasangan Calon (Paslon) di Pemilihan Walikota (Pilwako) Manado bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti diketahui hasil surat suara untuk Kota Manado dimenangkan olehcalon nomor urut 1 Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS), tetapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado belum bisa menetapkan karena ada gugatan di MK.

Komisioner KPU Manado Divisi Penegakan Hukum dan Perundang-undangan Sunday Rompas ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp mengatakanakan telah menyiapkan kuasa hukum dan alat bukti.

"Kami pastikan bersama kuasa atau lawyer akan membuat jawaban termohon, menyiapkan alat bukti dan kronologis," ucap Rompis, Kamis (28/1/2021).

Rompis menegaskan sore ini tim akan terbang ke Jakarta untuk menghadapi gugatan tersebut.

"Sore ini berangkat dan bersama satu kuasa hukum," ucapnya.

Di dunia maya sendiri sudah heboh dengan foto yang beredar bahwa KPU kota Manado sudah menetapkan pasangan AARS sebagai pemenang Pilkada Manado 2020.

Menanggapi isut tersebut Koordinator Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Kota Manado, Ismail Harun langsung memberikan komentar.

Kata Ismail, foto yang beredar adalah hasil pendaftaran calon, sementara untuk penetapan hasil perhitungan suara sudah dilaksanakan di tanggal 17 desember.

SK nya itu yang sementara berperkara di MK. Sidang pemeriksaan pendahuluan terjadwal besok di MK," terangnya.

Menurut Ismail untuk beberapa kabupaten dan kota yang tidak ada gugatan di MK, sudah bisa melakukan penetapan pasangan calon terpilih.

"Sementara untuk KPU Manado dan KPU Boltim yang ada di Sulut, yang masih berperkara di MK, secara regulasi, belum bisa menetapkan calon terpilih," ungkapnya.

Pada intinya yang dilakukan oleh KPU Kota Manado baru sebatas "Penetapan Hasil Perhitungan Suara".
Sementara untuk "Penetapan Calon Terpilih" belum di lakukan.

Ia juga menegaskan di PKPU 5 tahun 2020, antara:  "penetapan hasil perhitungan suara" dan "Penetapan calon terpilih" adalah dua tahapan yang berbeda. (fis)

Kecelakaan Maut, Seorang Mahasiswi Tangerang Tewas Tabrakan dengan Pikap, Korban Mendahului Truk

3 Shio ini Diramalkan Akan Sangat Beruntung Asmaranya di Tahun 2021 ini, Apakah Shio Anda Termasuk?

KISAH PILU Pasien Covid-19 Kesulitan Cari Rumah Sakit, Nekat Kendarai Mobil Sendiri Pakai Oksigen

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved