Breaking News:

Kesehatan

Berikut 3 Cara Obati Amandel Secara Alami, Diantaranya Minum Banyak Air Putih

Amandel atau tonsil sendiri adalah dua kelenjar getah bening yang terletak di belakang kiri dan kanan tenggorokan.

Tribunnews
Cara Cegah Amandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Amandel atau tonsil sendiri adalah dua kelenjar getah bening yang terletak di belakang kiri dan kanan tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai mekanisme pertahanan dan membantu mencegah tubuh terkena infeksi.

Radang amandel atau tonsilitis memang paling sering didiagnosis pada anak-anak dari usia pra-sekolah hingga pertengahan remaja.

Tapi tetap saja, penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri ini bisa menyerang semua usia, termasuk orang dewasa dan lanjut usia (lansia).

Jika tidak ditangani dengan tepat, peradangan atau pembengkakan pada amandel bisa menyebabkan sejumlah komplikasi yang tak boleh disepelekan begitu saja. Ini termasuk: Kesulitan bernapas Gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea obstruktif) Infeksi yang menyebar jauh ke dalam jaringan sekitarnya (selulitis tonsil) Infeksi yang menghasilkan kumpulan nanah di belakang tonsil (abses peritonsillar)

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter jika mencurigai memiliki gejala amandel untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Melansir Medical News Today, untuk mendiagnosis tonsilitis, dokter biasanya akan memulai dengan pemeriksaan umum dan akan memeriksa pembengkakan di sekitar amandel, sering kali dengan bintik-bintik putih.

Dokter juga dapat memeriksa bagian luar tenggorokan untuk mencari tanda-tanda pembesaran kelenjar getah bening dan ruam yang terkadang terjadi. Dokter mungkin mengambil sampel area yang terinfeksi untuk pemeriksaan lebih dekat. Dengan menggunakan teknik ini, dokter dapat menentukan apakah penyebab infeksinya adalah virus atau bakteri.

Dokter juga bisa melakukan penghitungan sel darah lengkap. Tes ini melibatkan pengambilan sedikit darah untuk menyelidiki kadar beberapa jenis sel darah. Pemeriksaan darah dapat membantu dokter melengkapi informasi yang mereka peroleh dari hasil swab.

Dalam beberapa kasus, jika hasil swab tidak meyakinkan, jumlah sel darah lengkap dapat membantu dokter menentukan pengobatan terbaik. Cara mengobati amandel Melansir Health Line, kasus radang amandel ringan tidak selalu memerlukan pengobatan, terutama jika disebabkan oleh virus, seperti pilek.

Sementara, perawatan untuk kasus tonsilitis yang lebih parah mungkin termasuk antibiotik atau tonsilektomi (operasi amandel). Jika mengalami dehidrasi karena tonsilitis, seseorang mungkin membutuhkan cairan infus. Obat pereda nyeri untuk meredakan radang tenggorokan juga dapat membantu saat tenggorokan dalam proses penyembuhan.

Halaman
123
Editor: Majer Lumantow
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved