Breaking News:

Penanganan Covid

Covid-19 di Minsel 262 Kasus, Kadinkes Tetap Ingatkan Pakai Masker, Cuci Tangan dan Jaga Jarak

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dr Erwin Scouthen

istimewa
Erwin Schouten 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dr Erwin Scouthen mengatakan, sampai Selasa (2/12/2020) ada 262 kasus akumulatif positif warga yang terinfeksi covid-19.

Dari angka itu kasus sembuh ada 217 orang dan meninggal dunia 19 orang. Kemudian yang menjalani perawatan di rumah sakit atau yang aktif ada 23 orang. 

Penemuan kasus konfirmasi positif Covid-19 kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel tersebut sebagian lewat kegiatan screening rapid tes dengan hasil reaktif.

Ditindaklanjuti dengan swab tes dan hasil dinyatakan positif.

Baca juga: Covid-19 Melonjak di Tomohon, WL: Bantuan Harusnya Diberikan saat Awal Covid Bukan Jelang Pilkada

Baca juga: Masuk Desember, Pjs Bupati Christiano Talumepa Imbau SKPD Genjot Penyerapan Anggaran

Baca juga: BREAKING NEWS: Survei Terbaru LSI Denny JA, Olly-Steven Kokoh di Angka 65,7 Persen

"Sebagian merupakan kasus kontak erat dengan kasus terkonfirmasi pos yang memiliki gejala setelah diswab hasilnya positif. Sebagian lagi dirawat di RS dengan gejala Sedang dan Berat setelah keluar hasil PCR Positif," tambahnya.

Erwin Scouthen mengatakan perlu kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti semua imbauan pemerintah  dan berlakukan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

"Kami ingatkan untuk selalu pakai masker di manapun berada, kemudian cuci tangan pakai sabun dan gunakan hand sinitizer, hindari kerumunan orang banyak. Jaga jarak dengan orang lain," ujarnya.

Baca juga: Dana Lansia Pemkot Manado Tahap Dua Rp 1 Juta Per Orang, Disalurkan Besok

Selain itu kalau tidak penting jangan keluar rumah, mandi sampai di rumah, gizi seimbang, olah raga, istirahat cukup. Semua pelaku usaha wajib screening Rapid test, penjual /penjamah makanan wajib pakai masker.

Beberapa waktu lalu, Kantor Pemkab Minsel dihebohkan dengan hasil swab tes yang menyatakan dua orang ASN terkonfirmasi covid-19.

Untuk mencegah penyebaran yang masif Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 langsung mencari kerabat dekat ASN yang dinyatakan positif untuk dilakukan tes swab.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved