Breaking News:

Sharing

Sharing - Pola Kelompok Kecil

Disamping melakukan ibadah bersama dengan jumlah yang besar, gereja mula-mula melakukan pemuridan dalam kelompok-kelompok

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Disamping melakukan ibadah bersama dengan jumlah yang besar, gereja mula-mula melakukan pemuridan dalam kelompok-kelompok kecil yang bertemu dari rumah kerumah. Dalam gereja kita, kelompok kecil ini biasa kita sebut sebagai Kelompok Saling Membangun (KESAN).
Secara umum tujuan dari kelompok KESAN ialah:

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

a. Saling membangun.
b. Menjangkau keluar.
c. Pengembangan karunia-karunia rohani.

1. Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik (Ibrani 10:24).
Dalam kelompok yang besar, sulit bagi kita untuk saling mengenal dan memberikan perhatian satu sama lain. Hal tersebut hanya dapat dilakukan dalam kelomp[ok yang kecil.

2. Kepada Petrus dan Andreas, yaitu orang-orang yang akan dimuridkan-Nya, Tuhan Yesus berkata: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Ku jadikan penjala manusia.” (Matius 4:19).

Pada umumnya nelayan yang menjala ikan tidak pernah melakukannya seorang diri. Berlainan dengan orang yang memancing ikan, para penjala ikan bekerjasama dengan beberapa nelayan yang lain.
Melalui kerjasama dalam kelompok KESAN orang dapat menjangkau teman-teman dekat-nya secara lebih efektif.

3. Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang , mempersembahkan sesuatu; yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia Bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan Bahasa roh. (I Korintus 14:26)
Setiap anggota didalam Tubuh Kristus harus melayani sesuai dengan panggilannya masing-masing. Dengan demikian setiap orang dapat bertumbuh dan mengembangkan karunia yang ia peroleh dari Tuhan.
Didalam pertemuan-pertemuan kelompok yang besar tidak banyak orang yang dapat terlibat melayani.
Akibatnya kebanyakan orang hanya menjadi penonton. Jelas firman Tuhan dalam ayat diatas tidak dapat diterapkan dalam kelompok yang berjumlah besar, tetapi hanya dapat diterapkan dalam kelompok yang kecil.

ilustrasi
ilustrasi ()

RENUNGAN/PENERAPAN :

1. Apabila jumlah anggota jemaat sudah bertambah banyak, akan semakin sulit untuk saling mengenal satu dengan yang lain.
Tidak mustahil bahwa seseorang akan mengalami kemerosotan rohani dan berada diambang pintu kemurtadan tanpa ada seorangpun dalam jemaat yang mengetahuinya ataupun menolong orang tersebut.
Selama ini, diluar kelompok pemuridan Anda, berapa orangkah yang Anda kenal dengan dekat dalam jemaat tempat Anda berbakti? ________ orang.
Rata-rata, berapa jamkah Anda bergaul dengan orang tersebut dalam sebulan (diluar waktu ibadah hari minggu)? ________ jam/bulan

2. Menurut Anda, dengan jumlah waktu diatas, dapatkah Anda mengenal keadaan rohani dan hidup sehari-hari dari setiap orang itu?

[ ] Ya
[ ] Tidak

3. Tentulah Anda memiliki teman yang tidak seiman, baik dilingkungan pekerjaan, di sekolah atau dalam kelompok hobby Anda. Berapakah jumlah teman Anda yang tidak seiman, yang Anda bergaul dekat dengan orang tersebut selama sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) jam perminggu? ______ orang
Mereka inilah yang biasa disebut sebagai kelompok oikos Anda. Sebab Anda dapat mempersiapkan hati mereka terhadap Injil yang akan disampaikan lewat kehidupan Anda yang benar-benar sesuai dengan kasih dan kebenaran Kristus.

4. Selesai Anda mengikuti kelompok pemuridan Hidup Berjemaat ini, bukan berarti proses pemuridan Anda sudah selesai.
Karena sesungguhnya pemuridan merupakan proses yang harus dilewati oleh setiap orang percaya seumur hidupnya.
Pemuridan lebih lanjut dilakukan dalam kelompok KESAN. Melalui Kelompok. KESAN kehidupan kristiani kita akan semakin didewasakan, dan ketrampilan pelayanan serta karunia-karunia rohani kitapun semakin dikembangkan.
Sudah pernahkah Anda mengajak teman dalam jaringan oikos Anda untuk menghadiri pertemuan kelompok KESAN?

[ ] Sudah [ ] Belum

Apabila belum, ajaklah seseorang untuk dating menghadiri pertemuan kelompok KESAN minggu yang akan datang.

5. Hafalkan ayat Matius 28:19-20

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved