Breaking News:

MotoGP 2020

Marc Marquez Tetap Juara Dunia Termuda, Joan Mir Peringkat 7, Kunci Jawara dengan 171 Poin

Rekor juara dunia termuda masih tetap dipegang oleh Marc Marquez yang menjadi juara dunia MotoGP pada usia 20 tahun 266 hari

Editor: Aswin_Lumintang
Istimewa
Pebalap Joan Mir bergabung dengan Suzuki dan menjadi juara dunia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, VALENCIA - Rekor juara dunia termuda masih tetap dipegang oleh Marc Marquez yang menjadi juara dunia MotoGP pada usia 20 tahun 266 hari pada tahun 2013.

Namun, capaian Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 turut membawanya masuk ke dalam grup yang sama para pembalap elite dunia termasuk sang legenda hidup, Valentino Rossi, dan lewati dua capaian Giacomo Agostini dengan Gary Hocking.

Marc Marquez
Marc Marquez (twitter/@marcmarquez93)

Joan Mir memastikan diri menjadi kampiun dunia kelas premier musim ini setelah finis di urutan ketujuh pada balapan MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020) malam WIB. 

Tambahan 9 poin cukup untuk mengukuhkan posisi Mir di puncak klasemen apapun hasil yang muncul pada balapan terakhir, MotoGP Portugal 2020.

Sebab, saat ini Mir sudah punya 171 poin, unggul 29 poin atas Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang ada di peringkat kedua klasemen pembalap.

Baca juga: Rafly N Tilaar Lamar Putri Nia Daniaty, Olivia Segera Lepas Status Janda dan Jadi Istri Sosok Taruna

Baca juga: VIRAL Bunga Mirip Virus Corona Tumbuh di Bali, Ada Aroma Keluar, Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

Baca juga: Menantu Habib Rizieq Shihab, Irfan Alaydrus Ternyata Keponakan Mantan Gubernur Gorontalo

Selisih poin tersebut sudah tidak bisa lagi dikejar karena kejuaraan dunia MotoGP 2020 hanya menyisakan satu seri balap lagi yakni MotoGP Portugal pada akhir pekan depan di Sirkuit Portimao.

Dengan poin maksimal terakhir yang bisa diperebutkan cuma 25, hasil gagal finis dari Mir pada balapan mendatang pun tak akan memengaruhi posisinya di klasemen pembalap.

Menyusul kesuksesan merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir kini berada di dalam grup elite bertajuk pembalap termuda yang menjadi kampiun dunia kelas premier.

Mir kini ada di peringkat ketujuh dalam grup elite tersebut karena berhasil menjadi juara dunia dalam usia 23 tahun 75 hari.

(dari kiri ke kanan) Joan Mir, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia
(dari kiri ke kanan) Joan Mir, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia (Skor.id/twitter.com/MotoGP)

Di atas Mir persis, ada Valentino Rossi (22 tahun 240 hari), sedangkan di bawahnya ada Jorge Lorenzo (23 tahun 159 hari).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved