Breaking News:

Soekarno

Warga Aceh Buru Emas 400 Kilogram Dipinjam Negara Era Presiden Soekarno, Ahli Waris Sulit Buktikan

Lebe Ali adalah saudagar Aceh berasal dari desa Rempelam Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues.

net
Soekarno 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga Aceh memburu utang berupa emas 400 kilogram yang dipinjamkan ke negara di masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Diketahui, seorang pengusaha asal Aceh, Lebe Ali pernah meminjamkan emas 400 kilogram ke pemerintah pusat pada masa Presiden Soekarno. 

Lebe Ali adalah saudagar Aceh berasal dari desa Rempelam Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues.

Emas tersebut dipinjamkan melalui anggota BPUPKI pada 1941 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

5 Arti Mimpi Melihat Benda Langit, Akan Bertemu Orang yang Anda Suka, Ini Tafsiran Lengkapnya

Soal dan Jawaban TVRI Hari Ini Senin 21 September 2020 SD Kelas 1-3, Belajar dari Rumah

Iwan Gayo dan bukti cek pinjaman 400 Kg emas yang dipinjam Pemerintah RI di masa Soekarno.
Iwan Gayo dan bukti cek pinjaman 400 Kg emas yang dipinjam Pemerintah RI di masa Soekarno. (SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM)

Bupati Gayo Lues, M Amru melalui Kabag Humas Sekdakab, Drs Bunyamin, kepada Serambinews.com, Minggu (20/9/2020) mengaku, sejauh ini belum ada informasi atau perkembangan baru terkait dengan wacana pemburuan 400 kg emas oleh ahli waris maupun oleh penerima kuasa yakni Iwan Gayo.

Pemkab Gayo Lues meminta agar ahli waris untuk melengkapi dokumen dan data yang seandainya diperlukan maupun dibutuhkan.

"Bukti keabsahan dan kepemilikan 400 kg emas melalui cek yang dikeluarkan Bank Negara Indonesia (BNI) tertanggal 30 Juni 1941 itu juga harus dibuktikan melalui laboratorium forensik oleh ahli waris atau penerima kuasa itu nantinya,"sebutnya.

Ahli waris Lebe Ali, Drs Ramli S mengatakan, pihaknya sedang melengkapi bukti dan dokumen dari keluarga ahli waris dan sebagai bukti atau pertinggal yang ada selama ini berupa selembaran cek tersebut ada di tangan Iwan Gayo selaku penerima kuasa dari ahli waris.

Terkait untuk membuktikan keabsahan atau kepemilikan cek 400 kg emas melalui laboratorium forensik tersebut.

Ramli S mantan Sekda Gayo Lues itu mengaku, pihaknya dari ahli waris jelas-jelas tidak mampu untuk membuktikannya dan hal itu merupakan tugas dari Presiden Jokowi atau melalui tim yang ditunjuk.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved