Breaking News:

Update Virus Corona Bitung

Rapid Test Reaktif, 24 Penumpang KM Sinabung Bakal Dilakukan Tes Swab

Dinas Kesehatan Kota Bitung memastikan bakal melakukan swab test kepada 24 penumpang KM Sinabung yang hasil periksa cepat atau rapid test-nya reaktif

Tribun manado / Christian Wayongkere
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Jeannet Watuna 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Dinas Kesehatan Kota Bitung memastikan bakal melakukan swab test kepada 24 penumpang KM Sinabung yang hasil periksa cepat atau rapid test-nya reaktif.

Ke 24 orang penumpang ini bagian dari 650 orang penumpang kapal, yang turun ke pelabuhan Samudera Bitung Rabu (5/8/2020) tengah malam.

Kapal itu datang dari pelabuhan asal Manokwari dan terinformasi ada 7 anak buah kapal (ABK) terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun sebelum lego jangkar di Pelabuhan Bitung, ke-7 ABK itu sudah diturunkan di Pelabuhan Ternate dan dikarantina oleh petugas setempat.

Dandim Bolmong Berikan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana Bolsel

Survei LSI, Olly Dondokambey Masih Perkasa di Sulut

Amerika Serikat Tekan Taiwan Berhati-hati Kelolah Hubungan dengan China, Dua Negara Kirim Pasukan

Pihaknya bersama unsur terkait Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan KSOP Bitung mengecek mereka yang reaktif, penduduk atau asal penumpang mana.

4 di antaranya ber-KTP Bitung dikarantina sementara di rumah singgah, sedang penumpang di luar Bitung juga ditempatkan di rumah singgah sambil tunggu mereka di jemput di rusunawa Sagerat Bitung.

"Ke 4 penumpang asal Bitung ini akan kami swab test. Jadwal swab setiap hari jam 1 siang, namun karena jadwal Senin dan Selasa full kemungkinan hari Rabu nanti," jelas dr Jeannet Watuna, kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung.

IKUTI INSTAGRAM TRIBUN MANADO:

Lanjut Watuna, untuk penumpang lainnya di luar Bitung bakal dibuatkan notif atau surat keterangan agar dilakukan swab kepada mereka di daerah masing-masing.

Sayangnya penyampaian data jumlah penumpang yang turun dari Dinas Kesehatan Kota Bitung, KKP Bitung dan PT Pelni tidak sama.

Sebelumnya KKP menyebut penumpang yang turun 640 orang.

Kemudian dari Dinas Kesehatan saat dikonfirmasi Kamis (6/8/2020) mengatakan ada 21 orang penumpang yang reaktif dan 4 orang asal Kota Bitung.

Kemudian data Penumpang yang turun dari PT Pelni sebanyak 643 dan keterangan berikutnya dari Dinas Kesehatan Kota Bitung jumlah penumpang yang turun 650 orang.(crz)

Makam Pahlawan Tuanku Imam Bonjol Sudah 30 Tahun Tak Direnovasi, Abdul Andalkan Proposal

Prabowo Subianto Belum Pasti Maju di Pilpres 2024, Ahmad Muzani Ungkap Alasannya

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved