Breaking News:

Berita Sulut

BI: Deflasi Sulut di Juli dalam Batas Wajar, Waspada Kenaikan Harga Komoditas di Agustus

Pada Juli 2020, Manado mencatat deflasi 0,30 persen (mtm) sedangkan kota Kotamobagu juga mengalami deflasi -0,09 persen (mtm)

Tribun Manado / Fernando Lumowa
Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat 

TRIBUNMANADO.CO,ID, MANADO - Setelah mengalami inflasi di bulan Juni, penurunan harga beberapa komoditas strategis khususnya dari kelompok Makanan, Minuman Dan Tembakau menyebabkan terjadinya deflasi bulan Juli 2020 Manado dan Kotamobagu.

Pada Juli 2020, Manado mencatat deflasi 0,30 persen (mtm) sedangkan kota Kotamobagu juga mengalami deflasi -0,09 persen (mtm).

Dengan demikian, inflasi tahunan Manado dan Kotamobagu masing-masing tercatat sebesar 0,35 persen (yoy) dan 1,68 persen (yoy).

Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan, dengan adanya deflasi di Bulan Juli, tingkat inflasi Sulut berada di bawah rentang sasaran target inflasi nasional 3±1 persen (yoy).

Sementara, secara nasional inflasi bulanan, tahun kalender, dan tahunan masing-masing tercatat sebesar -0,10 persen  (mtm), 0,98 persen (ytd), dan 1,54 persen (yoy).

Bawaslu Terus Awasi Tahapan Coklit yang Dilakukan PPDP KPU Boltim

"Deflasi bulan Juli 2020 di kota Manado Iebih dalam dibanding nasional. Sedangkan deflasi Kotamobagu tercatat relatif sama dengan nasional," kata Arbonas, Rabu (05/08/2020).

Jika dilihat dari kelompok penyusunnya, pergerakan harga di Kota Manado sebagian besar digerakkan oleh kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dan kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya.

Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau pada Juli 2020 mengalami deflasi -1,07 persen (mtm) dengan sumbangan sebesar -0,31 persen (smtm).

Bila dilihat dari komoditasnya, tekanan deflasi pada kelompok ini berasal dari penurunan harga bawang merah, bawang putih dan cabai rawit seiring dengan membaiknya pasokan.

Akses Darat Masuk Bolsel Putus, Pertamina Distribusikan BBM dan LPG via Laut

Namun demikian kenaikan harga tomat dalam skala yang moderat cukup menahan Iaju deflasi kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau Iebih dalam.

Di sisi Iain, di bulan Juli 2020 emas perhiasan menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar dari kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved