Breaking News:

Pilkada 2020

Bawaslu Terus Awasi Tahapan Coklit yang Dilakukan PPDP KPU Boltim

Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) terus diawasi

istimewa
Susanto Mamonto 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) terus diawasi oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pimpinan Bawaslu Boltim Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan Hubal Susanto Mamonto mengatakan pemilih yang tidak terdata maupun tidak ada di form AAKWK KPU diakomodir dan dimasukan di form pemilih baru.

"Begitu juga pensiunan TNI-Polri, pemilih pemula dan pemilih pindahan untuk didata juga. Sedangkan yang sudah meninggal, pindah domisili dan tidak memenuhi persyaratan dicoret," ucapnya.

Akses Darat Masuk Bolsel Putus, Pertamina Distribusikan BBM dan LPG via Laut

Ia pun mengimbau kepada KPU Boltim dan jajaran agar melaksanakan sesuai aturan.

"Agar, seluruh masyarakat Boltim yang sudah memenuhi persyaratan memilih terdata,” kata Susanto.

Pengawasan Coklit yang saat ini masih dilakukan oleh PPDP bertujuan agar pada saat pemutahiran data pemilih yang memenuhi syarat masuk dalam data pemilih dan yang tidak memenuhi syarat tidak masuk lagi.

“Kami juga menginstruksikan kepada jajaran di kecamatan dan desa untuk mengawasi proses ini agar masyarakat yang memenuhi syarat memilih masuk data pemilih Pilkada Boltim pada 2020," ucapnya.

BREAKING NEWS: Kecelakaan Maut di Inuai, Dua Guru Tewas di Tempat

Ia menambahkan, karena hak warga negara untuk memilih telah diatur di Undang-Undang dan aturan tapi tetap memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

"Dan juga kami mengimbau KPU dan Bawaslu dalam melaksanakan tugas tetap memperhatikan protokol kesehatan Covidd-19,” ucapnya.

Susanto menambahkan, saat ini Bawaslu Boltim gencar melakukan sosialisasi dengan memasang baliho di tujuh Kecamatan di Boltim. Agar seluruh masyarakat yang memenuhi syarat memilih tidak ada satupun yang tidak terdata.

“Laporkan, jika ada masyarakat tidak terdata pada tahapan Coklit sekarang ini.Kegiatan Coklit nantinya akan berakhir pada 13 Agustus 2020,” tandasnya. (ana)

BPJS Kesehatan Sosialisasi JKN KIS Bersama Komunitas Selempang Sulut

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved