Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

24 Ribu Warga Sulut di Swab, Dandel: Tim Surveilans Periksa 9,4 Orang per 1000 Penduduk

Meningkatnya kasus Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara, turut dipengaruhi gencarnya pemeriksaan aktif dan tracing

Tribun Manado/Don Ray Papuling
juru bicara gugus tugas Sulut, dr Steaven Dandel, Senin (3/8/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meningkatnya kasus Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara, turut dipengaruhi gencarnya pemeriksaan aktif dan tracing yang dilakukan tim surveilans baik yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota di Bumi Nyiur Melambai.

Hal ini diungkapkan juru bicara gugus tugas Sulut, dr Steaven Dandel, Senin (3/8/2020).

Ia mengatakan pemeriksaan dan tracing yang masif dilakukan tentu berdampak pada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. Sebab saat ini saja kita sudah memeriksa 24.459 sampel swab dimana telah melebihi rekomendasi WHO untuk memeriksa 1 orang per 1000 populasi, sebab jika dihitung dari jumlah penduduk Sulut sebanyak 2 juta jiwa, maka saat ini kita sudah memeriksa 9,4 orang per 1000 populasi.

KRONOLOGI dan Fakta Pesawat Jatuh di Papua Bawa Kokain Senilai Rp 1 Triliun, Terungkap Berat Narkoba

"Angka ini juga akan terus bertambah secara signifikan, karena hingga sekarang, tim surveilans, tetap gencar dan agresif melakukan pemeriksaan aktif di lapangan dalam mendeteksi penyebaran Covid-19 di Sulut," ujar Dandel.

Disisi lain, tambah Dandel, gugus tugas juga tidak hanya sekedar gencar melakukan tracing, namun juga terus mengupayakan meningkatkan kapasitas laboratorium serta menambah infrastruktur guna mengimbangi tracing dan deteksi yang kian gencar dilakukan

"Sebab saat ini dari tiga laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yakni lab BTKLPP, BPOM dan RSUP Prof Kandou sudah mampu mengeluarkan hasil swab di angka 750 sampel perhari, belum ditambah dengan alat TCM yang sudah mulai beroperasi di beberapa rumah sakit rujukan," ucapnya.

Dandel menambahkan dalam waktu dekat, Sulut juga akan segera mengoperasikan mobil lab PCR yang mampu memeriksa 120 sampel swab per delapan jam, sehingga jika dimaksimalkan, maka di Sulut akan mampu mengeluarkan antara 870 hingga 1000 hasil swab perhari.

"Tentunya pemeriksaan yang masif dilakukan ini diharapkan akan mampu mendeteksi kasus Covid-19 yang akan berdampak pada berkurangnya resiko penyebaran serta dapat menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di Sulut," tandasnya. (drp)

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved