Update Virus Corona Sulut

Jumlah Suspek Terus Menurun di Sulut, 157 Suspek Tunggu Hasil Swab Test

"Termasuk jenazah suspek yang telah meninggal namun hasilnya belum keluar tentu harus ditangani sesuai prosedur Covid-19," ucapnya.

Penulis: Erlina Langi | Editor: Maickel_Karundeng
don ray papuling/tribun manado
Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), saat ini mengantongi sekitar 157 kasus suspek yang terus menurun dibanding sebelumnya, dimana 127 di antaranya dirawat di rumah sakit, sedangkan ada 30 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel Jumat (24/7/2020) menjelaskan keseluruhan suspek ini, masih menunggu hasil pemeriksaan swab atau selesai masa isolasi.

"Namun penanganan mereka tetap dilakukan sesuai protokol Covid-19, sebab tenaga medis harus melakukan berbagai antisipasi, guna mencegah kemungkinan adanya suspek yang dinaikan statusnya karena terkonfirmasi positif," jelas Dandel.

Ia pun berharap, agar keluarga dapat memaklumi penanganan sesuai protokol Covid-19, sebab penanganan tersebut dilakukan demi keamanan bersama.

"Sebab saat ini sudah cukup banyak kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang berawal sebagai suspek di rumah sakit, kemudian statusnya dinaikan menjadi kasus positif," terang dia.

Sehingga tambahnya kepatuhan keluarga dalam mengikuti setiap anjuran dan protokoler kesehatan memang sangat diperlukan.

"Termasuk jenazah suspek yang telah meninggal namun hasilnya belum keluar tentu harus ditangani sesuai prosedur Covid-19," ucapnya.

Ia menjelaskan suspek adalah istilah baru sesuai Juknis versi 5 kemenkes, untuk orang yang ada dalam tiga kriteria.

"Pertama orang dengan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di daerah transmisi lokal," bebernya.

Kriteria kedua lanjutnya, orang dengan gejala ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi/probable Covid-19

"Kategori ketiga, orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain, berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan," tandasnya. (drp)

Adapun sebaran kasus suspek Covid-19 di Sulut

RSUP Prof RD Kandou : 32 Suspek

RSU Bhayangkara : 2 Suspek

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved