Breaking News:

Berita Mitra

Posko Wisata Gunung Soputan Dibangun, Ini Target Disparbud Mitra

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mulai menata kembali sektor pariwisatanya

Istimewa
Pembangunan Posko Wisata Gunung Soputan Oleh Pemdes Silian Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mulai menata kembali sektor pariwisatanya.

Lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) pihaknya mulai memfokuskan diri untuk membuka kembali destinasi wisata yang ada, diera tatanan new normal.

Hal tersebut dikatakan kepala dinas (kadis) Disparbud Sartje Taogan, Minggu (19/7/2020).

"Saat ini kita berikan peluang bagi setiap desa untuk mengolah destinasi wisata yang ada di wilayah mereka. Seperti di Desa Silian, mereka membangun posko wisata masuk Gunung Soputan. Itu inisiatif dari desa, tapi kami selaku dinas sangat mendukung hal tersebut," ujar Taogan.

Dua ASN Kotamobagu Terancam Dipecat Jika Tak Segera Melapor

Pihaknya menargetkan, semua lokasi wisata yang ada, perlahan mulai akan dibenahi dan akan dibuka di tatanan era new normal.

"Semua lokasi wisata kita fokuskan. Tapi saya tetap menekankan masalah protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 ini kepada setiap pemerintah desa untuk diperhatikan di lokasi wisata," pungkasnya.

Dan untuk lokasi wisata gunung Soputan, semua aktivitas jajanan snack dan minuman botol plastik dilarang untuk dibawa saat menaiki lokasi gunung tersebut.

19.876 Pelanggan di Sulut Terima Stimulus Covid-19 Listrik Gratis dan Diskon 50 Persen, Ini Caranya

"Sudah saya katakan kepada pemeirntah desa, bila ada yang mau naik ke gunung soputan, harus meninggalkan semua jenis jajanan plastik. Nantinya bisa mencemari lingkungan wilayah gunung," tandasnya.

Untuk itu Taogan menambahkan, agar semua desa bisa berinovasi dalam membangun setiap tempat wisata masing-masing.

"Tak hanya tempat wisata, peninggalan kebudayaan juga harus kita lestarikan. Semua bisa berkreasi untuk mempercantik lokasi wisata di Mitra," tutup Taogan. (Ano)

VAP Bantu Korban Kebakaran di Tikala Baru

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved