Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Juknis Versi 5 Kriteria Pasien Sembuh Segera Diterapkan, Dandel: Besok Sudah Akan Disosialisasikan

Gugus tugas Provinsi Sulawesi Utara akan menerapkan petunjuk teknis (Juknis) versi 5 kriteria pasien sembuh Covid-19 dari kementerian kesehatan

tribunmanado.co.id/Don Ray Papuling
Juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Gugus tugas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menerapkan petunjuk teknis (Juknis) versi 5 kriteria pasien sembuh Covid-19 dari kementerian kesehatan (Kemenkes), dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel Rabu (15/7/2020).

Ia mengatakan meski sempat tertunda, namun penerapan Juknis versi 5 dari Kemenkes ini akan secepatnya direalisasikan, dan rencananya pada Kamis (16/7/2020) sudah akan disosialisasikan, sebelum diterapkan.

"Untuk kasus sembuh hingga Rabu (15/7/2020) kita masih belum menggunakan Juknis versi 5, namun usai sosialisasi pada Kamis (16/7/2020) sudah akan kita terapkan," ucapnya.

Kuota Internet Bisa Dibiayai Dengan Dana Bos

Dandel menjelaskan Juknis versi 5 kriteria pasien sembuh dari Kemenkes mengadopsi saran dari organisasi kesehatan dunia (WHO), di mana orang bergejala ringan maupun tanpa gejala yang telah menjalani perawatan 14 hari serta gejalanya sudah menghilang, maka yang bersangkutan sudah dapat dikatakan sembuh dan langsung dibebaskan

Dandel mengatakan aturan yang baru akan diberlakukan ini, akan menghemat sumberdaya terutama ruang isolasi yang ada di rumah sakit.

"Termasuk mengurangi antrean pemeriksaan di lab-lab yang saat ini sudah menumpuk," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo mengatakan memang sebelum diberlakukannya penerapan Juknis versi 5 ini, pihaknya telah mengirimkan surat edaran kebijakan diskresi transisi dari petunjuk teknis kementerian kesehatan (Kemenkes) versi 4 ke versi 5 pada tiap rumah sakit

"Dimana sebagian besar rumah sakit sudah mengerti dan mengetahui penerapan Juknis versi 5 kriteria pasien sembuh, namun sebelum akan diimplementasikan, tentu wajib untuk disosialisasikan kembali," tutupnya. (drp)

Dinas Ketahanan Pangan Boltim Mulai Salurkan Bantuan Bahan Pokok Tahap Dua

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved