Breaking News:

Pandemi Virus Corona

Pengidap Penyakit Tidak Menular akan Lebih Berpotensi Terinfeksi Covid-19

Cut Putri Arianie, menjelaskan, kondisi ini juga dialami di negara lain seperti Amerika Serikat dan Italia.

Editor: Rizali Posumah
Mahadeo Sen/TOI, BCCL, Ranchi
Ilustrasi pasien virus corona. Cut Putri Arianie menjelaskan, kondisi ini juga dialami di negara lain seperti Amerika Serikat dan Italia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengidap penyakit tidak menular akan lebih berpotensi terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan Direktur Pencegahan dan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Cut Putri Arianie.

Putri menjelaskan, kondisi ini juga dialami di negara lain seperti Amerika Serikat dan Italia.

"Memang orang-orang kelompok penyakit tidak menular ini adalah orang yang rentan terinfeksi (Covid-19)," kata Putri dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Eka Ginanjar mengamini pernyataan Putri.

Eka juga mengatakan, pengidap penyakit tidak menular akan menderita Covid-19 lebih lama dibanding orang tanpa penyakit tidak menular.

"Jadi ada dua hal yang mudah tertular dan kalau tertular akan menjadi lebih berat dibandingkan dengan orang yang tidak punya penyakit tidak menular," ujarnya.

Eka pun menjelaskan alasan orang dengan penyakit tidak menular, salah satunya hipertensi, akan lebih mudah terjangkit Covid-19.

Ia mengatakan semua itu disebabkan pembuluh darah penderita hipertensi tidak lagi dalam kondisi baik dan kekebalan tubuh juga semakin menurun.

"Kekuatan mukosa lapisan-lapisan tubuhnya itu sudah tidak terlalu bagus lagi, jadi mudah tertular," ucap Eka.

Sebelumnya, Kepala Divisi Tropik Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto Soroy Lardo mengatakan, masa penyembuhan pasien Covid-19 bervariasi.

Namun, menurut dia, masa penyembuhan pasien Covid-19 yang disertai komorbid atau penyakit penyerta akan lebih lama.

"Jadi kalau pasien itu dengan komorbid, tentu akan lama, ya, jadi bisa perawatan itu dua sampai tiga minggu," kata Soroy dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

"Tapi kalau tanpa komorbid itu biasanya kita evaluasi itu sampai dua minggu," lanjut dia.

VIRAL Uang Kertas Rp 2.000 Tercetak Foto Diri, Berikut Cerita Shofiyah

Kecelakaan Mobil Karena Tak Kuat di Tanjakan, Mundur hingga Masuk Jurang

Ogah Cari Masalah dengan Orang Lain, 5 Zodiak Ini Dikenal Punya Kepribadian Paling Bijaksana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Orang dengan Penyakit Tak Menular Rentan Terinfeksi Covid-19".

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved