Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Organisasi Buruh Dukung Mal di Manado Kembali Beroperasi

Organisasi buruh bereaksi mendukung kebijakan pembukaan mal. Pasalnya, ribuan pekerja masih dirumahkan buntut tutupnya operasional mal

Istimewa
Tommy Sampelan 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Pembukaan kembalo Mal di Manado memantik kontroversi.

Organisasi buruh bereaksi mendukung kebijakan pembukaan mal. Pasalnya, ribuan pekerja masih dirumahkan buntut tutupnya operasional mal.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendorong supaya aktivitas hubungan kerja di perusahaan sudah bisa berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Kami pikir tempat usaha seperti mall dan lainnya dapat segera dibuka dan pekerja/buruh sudah boleh kembali bekerja. Namun harus diterapkan secara ketat protokol kesehatan oleh pemilik usaha," kata Ketua Serikat Pekerja Indonesia (SPI) Sulut, Tommy Sampelan, Kamis (02/07/2020).

Inflasi Kotamobagu Urutan 2 di Sulawesi, Manado Posisi 8

Ia mengatakan, sampai saat ini sudah ribuan pekerja/buruh di Manado harus kehilangan pekerjaan baik temporer maupun permanen akibat mereka harus dirumahkan dan di PHK dengan alasan pandemi Covid-19.

"Sudah cukup lama kawan-kawan pekerja tidak memiliki penghasilan tetap dan jadi pengangguran 'intelek' sementara kebutuhan di keluarga tetap berjalan," ungkapnya.

Sampelan mengatakan, bila kondisi ini berlangsung lama dan tanpa solusi bukan tidak mungkin dapat menimbulkan persoalan sosial seperti muncul tindakan kriminal. Karena desakan ekonomi, orang bisa kalut dan berbuat apa saja, ini bahaya.

Polres Serahkan SIM Gratis kepada 75 Orang yang Lahir pada 1 Juli, Anggota TNI Turut Dapat

"Kami berharap dengan dikeluarkan Pergub Nomor 44 melahirkan sinergitas antar pemerintah Provinsi dan Kab/Kota," ujarnya.

Koordinasi penting namun eksekusinya juga harus cepat

"Ini bukan sekadar soal perut tapi kebutuhan yang kompleks dari masyarakat. Jangan korbankan rakyat hanya karena kepentingan politik 9 Desember," kata Sampelan. (ryo)

Forkompimda Hadiri Upacara HUT Bhayangkara ke-74 Virtual di Polres Bitung

Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved