Breaking News:

Update Virus Corona Minahasa

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Minahasa Punya Strategi Tekan Jumlah Pengunjung di Pasar

"Hari ini sudah ada dua pasar yang mulai buka tiap hari, yang tentunya dengan menerapkan protokol Covid-19 di Minahasa," ujar Talumewo.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Maickel_Karundeng
andreas ruaw/tribun manado
Aktifitas pengunjung di Pasar Tondano 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Dari hasil evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, terkait pengoperasian semua pasar di Kabupaten Minahasa yang sebelumnya dibatasi, memutuskan bahwa semua pasar akan dibuka setiap hari (mulai dari hari senin hingga hari sabtu).

Hal ini disampaikan langsung Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Ir Wenny Talumewo, kepada wartawan.

Menurutnya, pembukaan pasar setiap hari sudah diterapkan di dua pasar besar yakni Pasar Tondano dan Pasar Langowan, dengan menerapkan sistem ganjil genap.

"Hari ini sudah ada dua pasar yang mulai buka tiap hari, yang tentunya dengan menerapkan protokol Covid-19 di Minahasa," ujar Talumewo, Selasa (9/6/2020).

Lanjut kata Talumewo, dibukanya operasional pasar setiap hari bertujuan agar tidak membludaknya pengunjung pasar yang akan berbelanja, agar tidak terjadinya penularan Covid-19.

"Kita menerapkan nomor ganjil genap. Artinya, nomor ruko atau lapak dengan nomor ganjil akan beraktifitas hari pertama, lalu dilanjutkan nomor genap hari kedua dan seterusnya, tapi untuk Minggu libur atau tutup," terang Talumewo.

Talumewo kemudian berpesan kepada masyarakat yang akan beraktivitas di pasar, baik pembeli maupun pedagang, agar selalu memperhatikan social dan physical distancing secara ketat seperti, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan, serta mentaati semua himbauan yang disampaikan pemerintah.

"Kami juga menghimbau masyarakat agar jangan berlama-lama di pasar. Rencanakan untuk membeli kebutuhan apa yang perlu untuk dibeli dan bagi yang sakit untuk tidak pergi ke pasar. Itu semua dianjurkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus," ujarnya.

"Pemerintah akan terus memonitor dan selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang ada dan akan diupayakan penanganannya agar lebih teratur," lanjutnya,

Talumewo pun menambahkan bila dalam waktu dekat akan dilakukan rapid test kepada setiap pedagang yang ada di pasar-pasar tersebut.

BERITA TERPOPULER :

 Kabar Terbaru Tantowi Yahya di Selandia Baru, Habiskan Waktu dengan Istri di Tengah Pandemi Covid-19

 Rekaman Makian Raul Lemos Diancam Dibongkar Azriel, Krisdayanti: Berhenti Salah Faham

 Lama Tak Terlihat, Muncul Foto Kim Jong Un Pimpin Rapat Tanpa Masker, Duduk Berjauhan dari Stafnya

TONTON JUGA :

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved