Virus Corona

Achmad Yurianto: 80 Persen Orang yang Membawa Virus Ini Tidak Mempunyai Gejala Apapun

Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat untuk membiasakan diri menjaga jarak sejauh dua meter demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Editor: Glendi Manengal
Istimewa
Jubir pemerintah khusus penanangan virus corona, Achmad Yurianto 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait kasus Covid-19, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat untuk membiasakan diri menjaga jarak sejauh dua meter demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Ini (menjaga jarak) menjadi penting karena kita tidak pernah tahu di sekitar kita siapa yang sakit, siapa yang tidak," kata Yuri dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Menurut Yuri, mayoritas penderita Covid-19 tidak memiliki gejala. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat selalu membiasakan diri menjaga jarak.

 Ariel Tatum yang Kini Miliki Kecantikan Paripurna, Ternyata Saat Remaja Pernah Minder soal Wajahnya

 Ingat Ariel Versi Tiongkok? Edison Chen yang Dulu Skandal dengan Beberapa Artis Wanita, Kini Tobat

Ilustrasi virus corona
Ilustrasi virus corona (Pixabay/Tumisu)

Selain itu juga selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, rajin makan makanan yang bergizi, serta rajin olahraga.

"Karena dari data yang kita himpun hampir 80 persen orang yang membawa virus ini tidak mempunyai gejala apapun," ujar Yuri.

"Oleh karena itu, menjaga jarak harus menjadi kebiasaan kita. Kemudian kita harus melindungi diri kita dengan menggunakan masker," ungkapnya.

 Ariel Tatum yang Kini Miliki Kecantikan Paripurna, Ternyata Saat Remaja Pernah Minder soal Wajahnya

Ilustrasi virus Corona
Ilustrasi virus Corona ((Shutterstock))

Pasien Covid-19 Kemungkinan 75 Persen Tularkan Orang Lain Jikat Tak Gunakan Masker

Meluasnya penyebaran virus corona hingga ke seluruh dunia membuat para peneliti sibuk mencari cara agar dapat mencegah Covid-19 untuk tidak meneybar lebih luas.

Mengenai hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, kemungkinan individu positif Covid-19 menularkan penyakit ke orang lain mencapai 75 persen jika tidak mengenakan masker.

Seperti yang diketahui, virus corona memang dapat dihindari dengan menjaga jarak sekitar 1 sampai 2 meter, tapi sebagai antisipasi kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan sering mencuci tangan.

"Seseorang yang dalam tubunya ada virus dan dia tidak memakai masker, maka orang di sekitarnya punya peluang tertular bisa sampai 75 persen. Karena percikan ludah, atau droplet dia akan mengenai semua benda," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Kamis (7/5/2020).

Namun, jika individu tersebut menggunakan masker, kemungkinan penularan bisa ditekan hingga 5 persen.

"Oleh karena itu, mencuci tangan merupakan hal yang penting. Sebab kita tidak tahu siapa individu yang terkena (Covid-19)," ucap Yuri.

Menurut dia, droplet dari individu yang terjangkit Covid-19 memang bisa dihindari dengan menjaga jarak sekitar 1 meter- 2 meter.

Namun, tanpa menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun, pencegahan itu tidak akan maksimal.

"Saat berada di luar rumah, kita tidak bisa mengendalikan apa pun sehingga tetap harus membatasi waktunya, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta segera membersihkan diri saat sampai di rumah," ucap Yuri.

Hingga 7 Juni 2020 Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers, mengatakan, ada tambahan 672 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 31.186 kasus positif.

Dari update terbaru hari ini, jumlah yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 50 orang menjadi sebanyak 1.851 orang.

Sementara untuk jumlah yang sembuh bertambah 591 orang sehingga menjadi sebanyak 10.498 orang.

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 40.370, pasien dalam pengawasan (PDP) 14.197. Kasus covid-19 sudah tersebar di 34 provinsi 422 kabupaten/kota.

 Ariel Tatum yang Kini Miliki Kecantikan Paripurna, Ternyata Saat Remaja Pernah Minder soal Wajahnya

Ingat Ariel Versi Tiongkok? Edison Chen yang Dulu Skandal dengan Beberapa Artis Wanita, Kini Tobat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved