Breaking News:

Update Virus Corona Nasional

KASUS PERTAMA di Indonesia, Bayi 6 Hari Positif Terpapar Covid-19, Tidak Ada Riwayat Kontak Erat 

Khusus Indonesia, jumlah kasus hingga Minggu 31 Mei 2020 mencapai 26,473, orang dirawat 17,552, Meninggal 1,613, dan sembuh 7,308 orang.

Editor: Maickel_Karundeng
Hadas Parush Via Intisari Online
Ilustrasi Bayi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Covid-19 jadi penyakit yang paling ditakuti masyarakat karena tingkat penyebarannya sangat cepat dan tentu saja dapat menyebabkan kematian.

Khusus Indonesia, jumlah kasus hingga Minggu 31 Mei 2020 mencapai 26,473, orang dirawat 17,552, Meninggal 1,613, dan sembuh 7,308 orang.

Pasien yang rentan terkena Covid-19 rata-rata sudah dewasa dan lanjut usia. Anak-anak juga ada yang terkena, namun ada kasus pertama dengan pasien yang masih berumur beberapa hari.  

Kasus anak positif Covid-19 yang menimpa bayi berusia 6 hari, di Nusa Tenggara Barat, disebut sebagai pasien corona termuda di Indonesia dan merupakan kasus pertama di Indonesia.

"Ini kasus yang jarang, mungkin ini kalau di Indonesia pertama kali," kata Kepala Dinas Kesehatan NTB Nurhandini Eka Dewi kepada Kompas.com saat ditemui di kantornya, Minggu (31/5/2020).

Ia mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah bayi itu tertular corona di luar proses kelahiran atau vertikal dari ibunya.

"Tapi kami bicara bahwa penularan vertikal (dari ibu ke anak itu) ditemukan sedikit sekali kasus di dunia, sehingga belum ada orang yang berani mengatakan terjadi penularan vertikal, tetapi ternyata kita di sini menemukan ada satu bayi lahir yang positif Covid-19," kata Eka.

Menjawab semua pertanyaan banyak pihak itu, Eka mengatakan belum ada yang bisa menyimpulkan termasuk dirinya sebagai tim Satgas Covid19 NTB.

Pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Ikatan Dokter Anak Infonesia (IDAI) dan Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia (POGI), Senin ini (1/5/2020).

Akan dirapatkan, mana opsi yang menjadi kemungkinan terbesar bayi ini tertular Covid-19 dari mana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved