Update Virus Corona Tomohon

Gugus Tugas Ajak Masyarakat Terus Berikan Semangat Kepada Pasien Covid-19

Untuk itu dia mengajak masyarakat supaya tidak mengucilkan siapapun yang tertular atau terpapar dengan Covid.

Istimewa
Juru Bicara Yelly Potuh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Percepatan (GTPP) Covid-19 Kota Tomohon kembali meminta masyarakat agar tidak membangun stigma negatif terkait covid-19.

Untuk itu dia mengajak masyarakat supaya tidak mengucilkan siapapun yang tertular atau terpapar dengan Covid.

"Tertular penyakit bukanlah keinginan atau kemauan siapapun, akan tetapi terjadi di luar dari kesadaran atau kendali orang tersebut. Sehingga siapapun bisa berpotensi untuk tertular dengan Covid-19," kata Jubir GTPP Covid-19 Kota Tomohon Yelly Potuh, Sabtu (30/5/2020).

Menurut covid-19 tidak memandang berada di lingkungan manapun, bekerja atau berprofesi sebagai apapun, dan entah pernah bepergian ke luar daerah atau tidak.

Karena virusnya tidak terlihat secara kasat mata, maka siapapun bisa berpotensi untuk terpapar.

"Jadi kita minta masyarakat jangan pernah mengucilkan orang yang tertular," sambungnya seraya mengajak masyarakat memberi semangat atau dorongan motivasi bagi mereka yang diduga tertular Covid-19, baik yang orang berstatus ODP, PDP maupun yang positif terkonfirmasi Covid-19.

"Dengan adanya perhatian dan dorongan semangat dari kita semua, diharapkan mereka bisa tersugesti untuk menjalani hidup secara lebih baik, hal mana dapat membangkitkan imunitas tubuh untuk melawan virus Covid-19," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan dikucilkan, efeknya bukan cuma buruk terhadap ODP atau PDP.

Melainkan pemerintah juga bakal kesulitan, terutama saat melakukan tracking atau pelacakan.

"Jika ODP, PDP, ataupun yang Positif dikucilkan tentu akan berdampak dan pemerintah akan kesulitan melajukan pelacakan guna memutuskan rantai penyebaran," tukas Yelly.

Halaman
12
Penulis: Hesly Marentek
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved