Tips Hadapi Virus Corona

Belajar dari Selandia Baru, Berikut Kunci Sukses Hadapi Pandemi Virus Corona

Melihat situasi Selandia Baru, Tantowi mengatakan bahwa terdapat dua faktor penting keberhasilan pengendalian Covid-19 di sana.

AFP
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PM Selandia Baru, Jacinda Ardern Jadi Pemimpin Terbaik dalam Melawan Virus Corona, https://www.tribunnews.com/internasional/2020/04/21/pm-selandia-baru-jacinda-ardern-jadi-pemimpin-terbaik-melawan-virus-corona?page=all. Penulis: Andari Wulan Nugrahani Editor: bunga pradipta p 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WELLINGTON - Hingga kini tidak ada satu negarapun yang benar-benar siap menghadapi virus corona (Covid-19).

Dalam hal ini masyarakat dan pemerintah harus terus bekerja sama, bukan saling menyalahkan.

Pesan ini disampaikan Duta Besar Keliling RI di Pasifik Tantowi Yahya kala bercerita tentang faktor penting keberhasilan pengendalian Covid-19 di Selandia Baru.

Selandia Baru kini mulai melakukan pelonggaran karantina wilayah karena penambahan jumlah kasus Covid-19 mendekati nol.

Melihat situasi Selandia Baru, Tantowi mengatakan bahwa terdapat dua faktor penting keberhasilan pengendalian Covid-19 di sana.

"Selandia Baru negara yang kecil, tapi mereka terbilang sangat berhasil menangani Covid-19. Dua faktor penyebabnya adalah kesiapan dan partisipasi masyarakat.” ungkap Tantowi dalam diskusi yang digelar oleh KBRI Wellington bersama Universitas Airlangga dan Universitas Pertahanan, seperti dilansir dari laman Unair News, Jumat (22/5/2020).

Selandia Baru dan Pasifik termasuk kawasan yang diuntungkan karena terhitung paling akhir terdampak Covid-19. Meski begitu, itu tidak membuat mereka lengah.

Sebelum ditetapkan sebagai pandemi global, pemerintah Selandia Baru telah bergerak cepat dengan mempersiapkan berbagai produk undang-undang, regulasi, protokoler, hingga rencana koordinasi antar stakeholder sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Upaya itu dilakukan agar nanti saat pandemi terjadi, tidak ada kesimpangsiuran informasi. Pemerintah Selandia Baru dengan tegas dan pasti mempersiapkan negara untuk combat ready dengan virus Covid-19,” ujar Tantowi.

Salah satu keputusan terberat yang diambil pemerintah Selandia Baru ialah kebijakan untuk lockdown. Pasalnya, ekonomi Selandia Baru bergantung dari sektor pariwista.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved