Pilkada 2020

Kontestasi PDIP dan Nasdem Dipastikan Sengit di Pilgub, Ini Kata Pengamat

Meski belum ada kejelasan terkait kapan penundaan Pilkada serentak, namun dipastikan Pemilihan Gubernur di Provinsi Sulut, akan sengit, jika digelar

Kolase / Istimewa
Franky Wongkar dan Victor Mailangkay 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski belum ada kejelasan terkait kapan penundaan Pilkada serentak, namun dipastikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Provinsi Sulut, akan sengit, jika digelar. Persaingan bakal terjadi antara dua partai yakni PDIP dan Nasdem

Melihat peta kekuatan saat ini dari hasil Pilkada 2018 dan Pileg 2019, PDIP masih lebih unggul. Namun tak menutup kemungkinan, Nasdem berpotensi besar menjadi ancaman bagi Banteng.

Data yang dihimpun pada Pilkada 2018, PDIP berhasil merebut kursi kepala daerah di tiga kabupaten yakni Sitaro, Minahasa, Mitra sedangkan Nasdem meraih kursi kepala daerah di dua kabupaten/kota, yakni di Kota Kotamobagu dan Talaud.

Untuk hasil Pileg 2019, di 15 kabupaten/kota yang ada di Sulut, PDIP berhasil meraih perolehan 124 suara dengan kemenangan telak di 11 daerah, serta menjadi runner up di empat daerah dan jatah 18 dari 45 kursi yang ada di DPRD Provinsi.

Pemprov Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Idul Fitri, Harga Bawang Merah dan Gula Naik

Sementara Nasdem berhasil memperoleh 55 kursi di 15 kabupaten/kota dan delapan dari total 45 kursi di DPRD Sulut.

Mengamati peta kekuatan tersebut, pengamat politik Sulut, Dr Jhony Lengkong menilai memang hingga saat ini, PDIP masih lebih diunggulkan.

"Namun lain ceritanya jika Nasdem berhasil membentuk koalisi besar. Sebab kemungkinan ini ada, mengingat intensnya komunikasi politik, antara Nasdem dan Golkar, serta beberapa partai lain, karena sejauh ini, memang Nasdem terlihat ingin membangun koalisi dalam Pilgub," ucap dia.

Lengkong memastikan, jika sampai tercipta koalisi besar, untuk melawan PDIP, maka kontestasi Pilgub, akan berlangsung sengit.

Pelaku Aksi Keji Prank Kotak Sepatu Berisi Jasad Bayi Diburu Polisi

"Sehingga kesalahan sedikit saja, akan membalikan keadaan. Tentunya ini yang membuat Pilgub bakal seru, dan selalu hangat dibicarakan," tuturnya

Terpisah Sekretaris DPW Nasdem Sulut, Victor Mailangkay mengatakan jika memang Pilkada serentak tetap akan dilaksanakan, maka seluruh kader, siap untuk memenangkan kontestasi.

"Meski saat ini seluruh kader terfokus untuk penanganan Covid-19, namun kami terus membangun komunikasi politik, dengan beberapa Parpol, sehingga peluang untuk membangun koalisi, tetap terbuka jika memang Pilkada dilanjutkan," singkatnya

Sementara Sekretaris DPD PDIP Sulut Franky Wongkar mengaku saat ini belum ada instruksi lebih jauh, terkait Pilkada, karena seluruh kader sementara berjuang bersama rakyat dalam memerangi wabah Covid-19

"Namun PDIP pastinya selalu siap bekerja keras jika Pilkada jadi digelar. Karena memenangkan Pilgub, merupakan harga mati yang harus kita perjuangkan," tandas dia. (drp)

1 Kali Gempa Bumi Terjadi Hari Ini Senin 18 Mei 2020, Lokasinya di Sulut, Sesuai Data BMKG

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved