Breaking News:

Ujian Nasional 2020

Karena Corona, Ujian Nasional Telah Dihapus, Dana Pengadaan Komputer UN di Jabar Kok Tetap Cair?

Pelaksanaan UN di tengah pandemi Corona dinilai sangat berisiko bagi kesehatan siswa. Namun bantuan untuk pengadaan komputer UN tingkat SMP tetap.

tribun manado/alpen martinus
Ilustrasi ujian nasional berbasis komputer. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ujian Nasional 2020 telah dihapus oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Pelaksanaan UN di tengah pandemi Corona dinilai sangat berisiko bagi kesehatan siswa.

Namun meski UN 2020 telah dihapus, bantuan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk pengadaan komputer UN tingkat SMP tetap mengalir.

Seperti halnya bantuan pengadaan komputer UN SMP di Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan dokumen Pergub Jawa Barat yang beredar, pemprov mengucurkan dana senilai Rp 21 miliar untuk pengadaan komputer UN SMP. Jumlah tersebut untuk seluruh SMP di Pangandaran.

Tetap cair

Ihwal bantuan tetap cair meski UN dihapus, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan, pemprov sangat fokus terhadap pembangunan pendidikan.

"Termasuk saat (pandemi) Corona ini, dana pendidikan dijaga, tidak ada pergeseran (ke pos lain)," jelas Uu saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (5/5/2020).

Dana pendidikan, kata Uu, berbeda dengan dana pembangunan infrastruktur atau dana perjalanan dinas yang masih bisa digeser di saat pandemi corona ini.

Dia menjelaskan bantuan yang semaksimal mungkin tidak diganggu di antaranya dana hibah, bansos, pendidikan, dan kesehatan. "Termasuk di dalamnya bantuan ke kota/kabupaten," jelas Uu.

Harus direalisasikan

Bantuan komputer UN ini, lanjut Uu, sudah dianggarkan sebelumnya, sudah diketok. "Jadi tetap direlisasikan karena sudah dipergubkan," ujarnya.

Kemanfaatan komputer itu, kata Uu, nantinya bukan hanya untuk UN saja, tapi bisa untuk keperluan lainnya. Saat ini keberadaan komputer sudah jadi kewajiban untuk mencerdaskan anak bangsa.

"Dulu calistung, sekarang disamping calistung harus bisa gadget, komputer dan lainnya. Artinya kebutuhan (komputer) bukan UN saja, bisa untuk yang lain dalam rangka mencerdaskan masyarakat Jawa Barat," jelas Uu.

Pemprov Sulut Sudah Bagikan 55.223 Paket Sembako Lawan Covid 19 ke 13 Kabupaten Kota

Korban Covid-19 Bertambah 9 Orang, Ini Total Keseluruhan Kasus Virus Corona di Arab Saudi

Bertahan di Rp 913.000 Per-gram, Berikut Rincian Harga Emas Batangan PT Aneka Tambang, 6 Mei 2020

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ujian Nasional Dihapus, Dana Pengadaan Komputer di Jabar Kok Tetap Cair?".

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved