Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Lakukan Aksi Kemanusiaan, Tim Puskesmas Ini ditunjang dengan Puluhan APD

Dijelaskannya untuk bantua APD dari Dinas di prioritaskan untuk di pakai petugas di lokasi KEK dan poli puskesmas.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Maickel_Karundeng
istimewa
Seluruh Staf PKM Paceda saat menerima bingkisan sebagai penambah semangat dalam menjalankan tugas untuk memberantas Covid-19, dari Ny Khouni Lomban Rawung ketua TP PKK Kota Bitung dan juga Ketua PMI Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Bitung, mendapat jadwal bergilir dalam melaksanakan tugas kemanusiaan di pintu Gerbang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kelurahan Sagerat Kota Bitung provinsi Sulut.

Tenaga medis dan dokter dari Puskesmas membantu tim gabungan lainnya dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI, relawan PMI dan pihak lainnya bertugas melakukan pemeriksaan orang yang akan masuk ke Bitung.

Dalam bertugas mereka dilengkapi 1 set alat pelindung diri (APD).

Seperti tim dari Puskesmas Paceda menurut dr Subiyakto Sururama selaku kepala Puskesmas untuk ketersediaan atau kelengkapan APD mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Bitung dan Donatur.

"Sampai saat ini untuk bantuan APD dari Dinas ada hampir 20 set begitu juga dengan bantuan dari Donatur ada hampir 20 set. Untuk APD dari Dinas Kesehatan warna putih sesuai standart WHO," tutur dr Ato sapaanya, Sabtu (18/4/2020).

Dijelaskannya untuk bantua APD dari Dinas di prioritaskan untuk di pakai petugas di lokasi KEK dan poli puskesmas.

Selain APD secara bertahap pihaknya telah menerima bantuan lainnya dari Dinas Kesehatan berupa Hand Sanitizer, Alkohol, Masker utuk petugas di lapangan dan telah di rapid test.

Puskemas Paceda mengerahkan tujuh tenaga medisnya untuk bertugas selama tiga hari dalam sepekan di KEK dan satu dokter untuk tugas melakukan survelance.

"Kalau ada sesuatu di lapangan kami telpon yang di KEK, lalu bahagi tenaga untuk turun ke lapangan. Karena saat ini kami memang kekurangan tenaga kesehatan,"tambahnya.

Pihaknya juga memiliki tenaga medis yaitu bidan, namun stand by di Puskesmas untuk rawat inap.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved