Update Virus Corona Indonesia

Data Pasien Covid-19 yang Dikirim Kementerian Kesehatan ke WHO Dilengkapi Usia dan Jenis Kelamin

Data terkait pasien Covid-19 yang dipublikasikan ke masyarakat tidak dilengkapi dengan nomor kasus, usia, dan jenis kelamin.

Editor: Rizali Posumah
(KOMPAS.com/Haryantipuspasari)
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo saat di Kantor BNPB, Jakarta Timur Sabtu (3/8/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Data pasien Covid-19 yang dipublikasikan Kementerian Kesehatan ke masyarakat umum berbeda dengan data yang dikirim ke World Health Organization ( WHO)

Hak tersebut sebagaimana yang dikatakan Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo.

Agus mengatakan, data yang dipublikasikan ke masyarakat tidak dilengkapi dengan nomor kasus, usia, dan jenis kelamin pasien Covid-19. Sedangkan data yang dikirimkan ke WHO mencakup detail tersebut.

"Kalau datanya WHO seperti itu," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Agus mengatakan, adalah hal yang wajar Kementerian Kesehatan mengirimkan perbaruan data pasien Covid-19 ke WHO.

Seluruh negara yang tengah mengalami pandemi virus ini juga melakukan hal yang sama.

Namun demikian, Agus mengaku tidak tahu alasan Kementerian Kesehatan mengirimkan data yang dilengkapi nomor kasus, usia, hingga jenis kelamim pasien ke WHO, sementara yang dipublikasikan ke masyarakat umum tak dilengkapi detail itu.

"Itu pertimbangannya ke Kemenkes, jadi tanyanya ke Kemenkes. Saya nggak tahu policy di Kemenkes," ujar dia.

Agus melanjutkan, sebenarnya tidak ada masalah jika data yang dikirimkan ke WHO juga dipublikasikan ke masyarakat umum. Sebab, data tersebut tak memuat nama pasien.

Ia pun mengatakan bahwa ke depan data yang dipublikasikan ke masyarakat bakal dilengkapi dengan analisis usia dan jenis kelamin pasien Covid-19.

"Datanya akan tetep seperti itu, tapi dilengkapi dengan analisis laki-laki berapa, perempuan berapa, usianya berapa saja," kata Agus.

Demi Tugas, Pasha Ungu Rela Tinggal Terpisah dengan Istri dan 7 Anaknya, Adelia Ungkap Rasa Rindu

Dampka Virus Corona, Wati:Harga Penjualan Daging Ayam Anjlok

Satlantas Polres Boltim Gelar Operasi Keselamatan Berlalulintas dan Edukasi Covid-19

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB: Data Pasien Covid-19 yang Dikirim ke WHO Dilengkapi Usia dan Jenis Kelamin"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved