Berita Minsel

Pembatasan Hari Operasional Pasar 54 Amurang Tuai Polemik, Warga Minta Dievaluasi Lagi

Pasar 54 Amurang, Kecamatan Amurang termasuk dari 10 pasar rakyat yang dibatasi waktu operasionalnya

Tribun manado / Andrew Pattymahu
Pasar 54 Amurang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Pasar 54 Amurang, Kecamatan Amurang termasuk dari 10 pasar rakyat yang dibatasi waktu operasionalnya. Pembatasan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Minahasa Selatan terlebih khususnya di wilayah Amurang Raya dan sekitarnya.

Sebelum ada kebijakan dari Perusahaan Daerah (PD) Cita Waya Esa selaku pengelola 10 pasar rakyat di Minsel, Pasar 54 Amurang dibuka setiap hari.

Namun mulai tanggal 30 Maret, PD Cita Waya Esa membatasi operasional pasar yakni hanya hari Senin dan Jumat saja.

Namun bukannya mendapat dukungan dari masyarakat, malah kebijakan ini menuai polemik. Masyarakat menganggap operasional Pasar 54 Amurang yang hanya 2 hari dalam seminggu bukan untuk mencegah covid-19 tapi akan menyebakan penyebaran menjadi masif.

Cegah Virus Corona, Mulai Besok 10 Pasar Rakyat di Minsel Dibatasi Operasionalnya

"Kebijakan ini malah akan menyebabkan pembeli membludak sehingga pasar jadi padat. Jika ada warga yang positif virus corona tapi dia tidak tahu dan kemudian beberlanja ke pasar, maka bisa fatal akibatnya," ujar Rul Mantik, Senin (30/3/2020).

Meivo Rumengan warga Kelurahan Buyongon, Kecamatan Amurang mengatakan dia mendukung apa yang sudah menjadi kebijakan PD Cita Waya Esa.

"Tapi jika pasar dilakukan satu minggu dua kali konsumen atau pembeli akan membludak dan tidak ada istilah social distancing atau jaga jarak," kata dia.

Curahan Hati Ojek di Kotamobagu, Berjuang Menafkahi Keluarga di Tengah Wabah Corona

Ada baiknya Pasar 54 Amurang dilakukan tiap hari tapi jam pasarnya yang dikurangi. "Ini hanya sebatas solusi dan mudah-mudahan solusi kami bisa diterima," kata dia.

Seperti diberitahukan sebelumnya dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Plt Direktur Operasional PD Cita Waya Esa Jackie Wauran tertanggal 26 Maret 2020, Pasar 54 Amurang hanya akan dibuka hari Senin dan Jumat.

Begitu juga dengan Pasar Berdikari Tumpaan di Kecamatan Tumpaan, hanya dibuka Hari Selasa dan Sabtu. Pasar 54 Amurang dan Pasar Berdikari Tumpaan sebelumnya beroperasi setiap hari.

Pemprov Sulut Semprot 16 Ribu Liter Desinfektan Pakai Mobil Damkar di Fasilitas Umum Manado

Pasar Tompasobaru dan Raanan Baru dibuka setiap Hari Sabtu.

Pasar Pinasungkulan Modoinding dan Pasar Poigar dibuka Hari Jumat, Pasar Motoling dibuka Hari Kamis.

Selanjutnya Pasar Poopo, Tenga dan Tareran hanya dibuka hari Rabu dalam seminggu.

Berikut Prakiraan Cuaca di Sulut 30 Maret-4 April 2020, Hujan Sedang dan Ringan Sering Terjadi

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved