Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahap Satu Siap Disalurkan, Ini Penjelasan Kepala Dinas PMD Boltim

Uyun mengatakan, dari 81 desa se Boltim sudah ada beberapa desa yang memasukkan berkas pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap satu.

Siti Nurjanah/Tribun Manado
Kepala Dinas PMD Uyun Kunaefi Pangalima 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MODAYAG - Proses pengajuan penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap satu di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sudah bisa dilakukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Boltim, Uyun Kunaefi Pangalima mengatakan, beberapa desa di Boltim sudah membuat dan memasukkan pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap pertama dengan melampirkan syarat berlaku.

Untuk posedurnya mulai dari Desa memasukkan Perdes tentang APBDes ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Boltim dengan melampirkan peraturan Bupati tentang penggunaan Dana Desa.

“Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati akan mengeluarkan surat kuasa pemindahan bukuan ke KPPN berupa Perbup, setelah itu dikirim berkasnya ke KPPN, dan KPPN transfer ke Desa,” ujarnya.

Uyun mengatakan, dari 81 desa se Boltim sudah ada beberapa desa yang memasukkan berkas pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap satu.

“Saat ini sudah ada 17 Desa yang sudah bisa disalurkan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Sukur Monoarfa mengatakan, pencairan dana desa akan didahului dengan penerbitan Peraturan Blbupati (perbub) serta masing-masing desa harus menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sebagai rujukan, dalam menindak lanjuti PMK No 205 Tahun 2019.

“Jika semua dokumen sudah siap maka keuangannya langsung di transfer ke rekening masing-masing desa,“ ujarnya. (ana)

 Gadis Cantik Asal Manado Termotivasi Model Victoria Secret

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved