Internasional

Sering Bersitegang Karena Virus Corona, Cina dan AS Diperkirakan Bersebarangan dalam KTT G20

Fokusnya ada pada Cina dan Amerika Serikat yang telah terlibat dalam perang kata-kata tentang wabah corona dengan latar belakang sengketa perdagangan.

(Instagram @realdonaldtrump)
Presiden AS Donald Trump. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Cina dan Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan bertentangan dalam konferensi video negara-negara G20 soal virus corona.

Sejak muncul di Cina virus ini telah menyebar ke seluruh dunia, mengjangkiti lebih dari 470.000 orang dan membunuh lebih dari 20.000 jiwa.

Dilansir dari South China Morning Post, para pemimpin G20 diharapkan untuk setuju bahwa wabah itu merupakan ancaman bagi kemanusiaan dan akan membentuk mekanisme untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam memerangi penyakit tersebut.

"Ketika dunia menghadapi pandemi COVID-19 dan tantangan terhadap sistem perawatan kesehatan dan ekonomi global, kami mengadakan KTT G20 yang luar biasa ini untuk menyatukan upaya menuju respons global," cuit Raja Salman dari Arab Saudi via Twitter.

Kerajaan, yang memegang kepresidenan G20 pada tahun ini, akan menjamu para pemimpin lainnya melalui konferensi video pada hari Kamis (26/3/2020) di tengah kritik bahwa kelompok itu lambat menanggapi krisis.

Fokusnya ada pada Cina dan Amerika Serikat yang telah terlibat dalam perang kata-kata tentang wabah corona dengan latar belakang sengketa perdagangan yang pahit.

Namun seorang sumber menyebut dalam pembicaraan persiapan untuk KTT G20, kedua negara sepakat untuk mengesampingkan perbedaan mereka.

Namun seperti yang diketahui, langkah Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang menyebut virus corona sebagai virus Cina telah membuat Beijing marah.

Dia juga menuduh Cina menunda berbagi informasi tentang virus dan menciptakan risiko bagi orang-orang di seluruh dunia.

Cina pun tentunya tak tinggal diam.

Pemerintah Cina meyakini bahwa virus corona sebenarnya tidak berasal dari dalam negeri.

Bahkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina menyebut bahwa virus itu mungkin dibawa ke Wuhan oleh militer AS. 

Praktis, hal ini makin meningkatkan ketegangan di antara keduanya.(*)

Artikel ini telah tayang di KONTAN dengan judul Kerap perang kata-kata soal corona, AS dan China akan berseberangan dalam KTT G20?.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved