Berita Mitra

Antisipasi Virus Corona, Polsek Ratatotok, Puskesmas dan Kecamatan Periksa 3 WNA Cina

Tadi kami langsung melakukam pemeriksaan terhadap ketiga WNA asal Tiongkok yang berkunjung di salah satu perusahaan tambang di Ratatotok

Istimewa
3 WNA Cina diperiksa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tindakan pencegahan dilakukan pihak Kepolisian sektor (Polsek) Ratatotok bersama Puskesmas dan pihak Kecamatan,dengan mencegat dan melakukan pemeriksaan terhadap 3 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang berkerja di PT SEJ di wilayah Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu (25/3/2020).

Informasi tersebut beredar di salah satu postingan media sosial (medsos) yang sempat viral di tengah merebaknya Covid-19 di Kabupaten Mitra.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Ratatotok Inspektur Satu Stenly Calvin Korua mengatakan, ketiga WNA sudah diperiksa dan dinyatakan sehat.

"Tadi kami langsung melakukam pemeriksaan terhadap ketiga WNA asal Tiongkok yang berkunjung di salah satu perusahaan tambang di Kecamatan Ratatotok," tutur Kapolsek.

Polres Minsel Pasang Baliho Maklumat Kapolri di Tempat Umum

Ia menerangkan, dari pihak puskesmas Ratatotok bersama pihak kecamatan langsung memintai keterangan terhadap ketiganya.

"Saat dimintai keterangan di Mapolsek Ratatotok, ketiganya mengaku telah melakukan perjalanan dari Jakarta-Manado-Minsel dan Mitra saat ini," pungkas Korua.

Akan tetapi, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan. Ketiganya tidak memperlihatkan gejala Covid-19.

"Ya, mereka terpantau sehat setelah dilakukan pemeriksaan. Mereka juga mengantongi beberapa surat keterangan sehat dari beberapa RS yang melakukan karantina terhadap ketiganya," terang Kapolsek.

Pecalang saat Nyepi Berkurang, Social Distancing Membuat Warga Non-Hindu Juga Tinggal di Rumah

Dari surat keterangan tersebut, diketahui mereka telah diperiksa mulai dari RSPI Prof Dr Sulianti Saroso Jakarta Utara dan Surat Keterangan sehat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Selatan (Minsel).

"Akan tetapi, meski mereka mengantongi beberapa surat kesehatan tersebut. Bila sudah masuk ke wilayah Mitra mereka siap mengikuti aturan pemerintah terkait pencegahan Covid-19," tandas Korua.

Sementara itu, berdasarkan petunjuk Bupati Mitra James Sumendap SH, agar ketiga WNA tersebut, harus dilakukan isolasi di wilayah Manado.

Pengamat Sebut Jika Michaela Paruntu-Ricky Toemanduk Dipasangkan, Pilkada Minsel Satu Putaran

Instruksi tersebut dibenarkan juga oleh juru bicara (jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Mitra Gloria D Wuwungan saat dikonfirmasi.

"Memang ketiganya telah selesai diperiksa untuk pencegahan Covid-19. Dan telah dinyatakan sehat. Akan tetapi, telah diinstruksikan agar mereka tetap melakukan prosedur isolasi lewat pemerintah Manado, dimana kantor pusat perusahaan yang mereka naungi siap memberikan isolasi terhadap ketiganya," jelas Jubir Satgas Covid-19 Mitra.

Akan tetapi pihaknya terus melakukan pemantauan diwilayah tersebut.

"Kita tetap intens melakukan pemantauan untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19," tutup Wuwungan. (Ano)

Begini Kronologis Pengeroyokan dengan Menggunakan Sajam di Manado

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved