Berita Bitung

Cegah Covid-19, KPU Bitung Tunda Tahapan Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, akhirnya menunda sejumlah tahapan Pilkada 2020 karena pandemi Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19.

Tribun manado / Christian Wayongkere
Satu di antara tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 yang telah dilakukan KPU Bitung, yaitu tes Wawancara calin Panitia pemungutan suara (PPS) di 8 Kecamatan se Kota Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, akhirnya menunda sejumlah tahapan Pilkada 2020, pemilihan Gubernur, wakil Gubernur Sulut, Wali kota dan Wakil Wali Kota Bitung tahun 2020 karena pandemi Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19.

"Jadi penundaan ini dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19," tulis Humas KPU Bitung dalam rilis resmi yang di keluarkan Minggu (22/3/2020) malam.

Dalam rilis satu halaman itu, KPU Bitung menjelaskan bahwa penundaan tahapan Pilkada pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Bitung di Pilkada 2020 meliputi beberapa tahapan saja.

Dengan memperhatikan keputusan KPU nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 serta surat edaran KPU nomor 8 tahun 2020.

Pemkot Kotamobagu Kucurkan Rp 15,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Pertama menunda pelantikan dan masa kerja Panitia pemungutan suara (PPS) di 8 Kecamatan se Kota Bitung dan masa kerja dari PPS akan diatur kemudian.

Kedua Pembentukan petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) ditunda di 8 kecamatan dan menunda pelaksanaan coklit data pemilih.

Dan ketiga menunda tahapan penyusunan daftar pemilih dan pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang sesuai jadwal di mulai 23 Maret 2020 sampai 17 Mei 2020.

Nasdem-PAN Tak Menampik Bisa Gabung dengan Golkar di Pilwako Manado

KPU harap dengan penundaan sejumlah tahapan pada Pilkada pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Bitung 2020, pencegahan penyebaran Covid-19 serta penanganannya berhasil dengan baik.

"Sambil kita terus berdoa kepada Tuhan yang kita imani sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, semoga menjauhkan kita dari ancaman virus yang menakutkan ini sehingga tahapan pemilihan tahun 2020 dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Terpisah Deslie Sumampouw ketua KPU Bitung menambahkan, penundaan pelantikn calon anggota PPS terpilih di tuangkan dalam surat pengumuman nomor 126/PP.04.02-Pu/7172/kota/III/2020, dengan dasar empat surat.

Merayakan HUT Bolmong Dalam Social Distancing

HOAKS, Beredar Pesan Siaran di WA, Helikopter Malaysia-Singapura Sebar Racun Bunuh Virus Corona

Surat keputusan dari KPU RI, surat edaran KPU RI, keputusan KPU Provinsi Sulut dan keputusan KPU Kota Bitung.

"Jadi setelah melalui tahapan seleksi tes hingga wawancara lalu di umumkan calon PPS di 8 Kecamatan se Kota Bitung sedianya akan dilantik pada Senin (23/3) besok (hari ini). Namun ditunda pelaksanaannya sampai pemberithuan selanjutnya," jelas Deslie Minggu malam.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved