Wabah Penyakit

10 Virus Paling Mematikan di Dunia, Tidak Ada COVID-19

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), mayoritas pasien Covid-19 yang tersebar di berbagai dunia dinyatakan sembuh.

www.medscape.com
Ilustrasi virus. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), mayoritas pasien Covid-19 yang tersebar di berbagai dunia dinyatakan sembuh.

yang terbaru pada 15 Maret 2020, data WHO menyebutkan bahwa angka infeksi Covid-19 mencapai 157.476 orang di 155 negara. Angka kematiannya 5.845 orang, sedangkan angka kesembuhan mencapai 75.953 orang.

Secara virologi, jenis virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 yaitu SARS-CoV-2 memang tidak terlalu mematikan.

Sedikitnya ada 10 virus lainnya yang lebih mematikan dibanding itu, seperti dilansir Live Science, yaitu sebagai berikut:

1. Marburg

Para ilmuwan menemukan virus Marburg pada 1967, saat outbreak dalam skala kecil merebak di antara para pekerja di Jerman. Mereka terkena infeksi dari monyet yang dibawa dari Uganda.

Virus Marburg mirip dengan Ebola, yang menyebabkan demam tinggi. Demam yang sangat tinggi ini kerap menimbulkan syok, gagal organ, kemudian kematian.

Angka kematian pada outbreak pertama bahkan mencapai 25 persen. Namun, pada tahun 1998-2000, angka kematiannya mencapai 80 persen saat terjadi outbreak di Kongo.

2. Ebola

Outbreak Ebola pertama pada manusia diketahui terjadi di Sudan dan Kongo, tepatnya pada 1976. Ebola ditularkan lewat kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya, serta kontak langsung dari orang atau hewan yang terinfeksi.

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved