Berita Minsel

Di Tengah Heboh Virus Corona, Penyakit DBD Sudah Renggut 3 Nyawa di Minsel

Per tanggal 12 Maret 2020 sudah ada 116 orang yang dirawat di rumah sakit dan tiga lainnya meninggal dunia

(Ist)
Virus DBD Merebak 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Virus corona membawa kekawatiran bagi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Penyakit yang disebut sebagai covid-19 ini menjadi 'trending topic'. Di mana saja, warga Minsel akan membahas soal virus corona. Misalnya dalam kongkow-kongkow, kegiatan keagamaan, dalam suasana kerja dan aktivitas lainnya, virus corona selalu menjadi topik.

Namun seharusnya, warga Minsel khawatir dengan meningkatnya jumlah korban demam berdarah dengue. Per tanggal 12 Maret 2020 sudah ada 116 orang yang dirawat di rumah sakit dan tiga lainnya meninggal dunia.

Masker di Manado Langka, Wagub Steven Kandouw Akan Sidak Jika Ada yang Main-main

Bahkan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI memberi atensi khusus terhadap masalah ini. Ada satu orang perwakilan Kemenkes RI yang sejak 11 Maret lalu melakukan monitoring di wilayah yang sudah terdapat korban DBD.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu juga sudah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel supaya cepat tanggap dan selalu turun lapangan. Namun Tetty Paruntu juga berpesan supaya masyarakat Minsel menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Dinkes Minsel melalui Kabid Yunike Panambunan Kabid Pencegahan, Senin (16/3/2020) mengatakan kasus DBD menjadi perhatian dinas ini.

Tetty Paruntu: Saya Hanya Siap Bertarung di Papan Satu Bukan di Papan Dua

Yunike Panambunan
Yunike Panambunan (Tribun manado / Andrew Pattymahu)

Sejak ada korban meninggal dunia akibat DBD pada Januari lalu, menurutnya Dinkes Minsel sudah fokus pada penanganan masalahnya. Namun memang edukasi kepada masyarakat terkait kebersihan lingkungan juga sangat penting.

Masyarakat juga memegang peranan dalam memberantas DBD. Paling utama prinsip '3M Plus' harus selalu dilaksanakan kata dia.

Seperti diketahui korban meninggal dunia akibat DBD masing-masing terjadi di Kelurahan Pondang, Kelurahan Ranomea. Terbaru Maret ini terjadi di Desa Ongkaw.

Gubernur Potong Tunjangan PNS Selama 6 Bulan, Geser untuk Penanganan Virus Corona

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved