Virus Corona

WNI Kru Kapal Diamond Princess Segera Dipulangkan ke Indonesia, Ini Langkah untuk Proses Evakuasi

Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal.

(Behrouz MEHRI/AFP)
Dua bus tiba di sebelah kapal pesiar Diamond Princess, dengan orang-orang dikarantina di dalam kapal karena kekhawatiran akan coronavirus baru, di Daikaku Pier Cruise Terminal di pelabuhan Yokohama Jepang pada 16 Februari 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 69 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal Diamond Princess di Yokohama segera dipulangkan ke tanah air pada Minggu (1/3/2020).

Berdasar keterangan resmi KBRI Tokyo, Minggu siang, 1 Maret 2020, pukul 12.10 waktu Tokyo, para WNI ABK yang telah dikarantina dua pekan lebih di kapal Diamond Princess di Yokohama memulai proses pemulangan ke Indonesia.

Tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Kemenkes, Kemenlu RI dan KBRI Tokyo didukung sepenuhnya oleh Kemlu Jepang serta Aparat Kesehatan Jepang dalam proses pemulangan ini.

Setelah makan hidangan santap siang yang dikirim oleh KBRI Tokyo, WNI ABK tersebut turun satu persatu untuk diukur suhu tubuhnya.

Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal.

Bus mengangkut para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan tidak negatif virus corona keluar setelah menjalani karantina, di Terminal Daikoku Pier Cruise di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Setidaknya 500 penumpang diizinkan keluar setelah dikarantina selama 14 hari, menyusul kabar terdapat 542 penularan positif corona di dalam kapal tersebut.
Bus mengangkut para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan tidak negatif virus corona keluar setelah menjalani karantina, di Terminal Daikoku Pier Cruise di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Setidaknya 500 penumpang diizinkan keluar setelah dikarantina selama 14 hari, menyusul kabar terdapat 542 penularan positif corona di dalam kapal tersebut. (AFP/KAZUHIRO NOGI VIA KOMPAS.COM)

Total 69 WNI ABK kapal Diamond Princess yang secara sukarela mengikuti proses pemulangan ini telah meninggalkan Kapal Diamond Princess menggunakan bis untuk segera boarding di pesawat charter yang telah menunggu.

Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jepang yang telah mendukung proses pemulangan ini,

utamanya beberapa pihak yang langsung terlibat di lapangan, antara lain : Kemlu Jepang, Japan Self Defense Force (JSDF), manajemen Princess Cruises serta Polisi Metropolitan Tokyo.

4 WNI dinyatakan positif terinfeksi virus corona, pemerintah kini bersiap lakukan evakuasi 74 WNI di kapal Diamond Princess.
4 WNI dinyatakan positif terinfeksi virus corona, pemerintah kini bersiap lakukan evakuasi 74 WNI di kapal Diamond Princess. (Tangkapan Layar YouTube KyodoNews)

Pesawat Garuda Indonesia yang disewa untuk penjemputan puluhan kru kapal tersebut, direncanakan lepas landas dari Bandara Haneda Tokyo, pukul 18.00 ws dan diperkirakan tiba di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat sekira pukul 23.30 WIB.

Setibanya di Tanah Air, mereka kemudian langsung dipindahkan ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta untuk menjalani transit observasi, yang direncanakan, selama 28 hari.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul WNI Kru Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan ke Tanah Air, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/03/01/wni-kru-kapal-diamond-princess-siap-dipulangkan-ke-tanah-air.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved