Nasional

Ratusan Ribu Buruh Terkena PHK dan Belasan Juta Orang Menganggur Sepanjang Tahun 2019

kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatatat 285 ribu orang terkena PHK dan 11 juta orang menganggur sepanjang tahun 2019.

Ratusan Ribu Buruh Terkena PHK dan Belasan Juta Orang Menganggur Sepanjang Tahun 2019
Tribunnews.com
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso ditemui di kawasan Rasuna Said, Jakarta. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah mengatakan ada sekitar 285 ribu buruh terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama tahun 2019.

Hal tersebut dicatat oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, selain itu ada 1,3 juta buruh mengundurkan diri dan keseluruhan sekira 11 juta orang menganggur di Indonesia.

"Data PHK 2019 sebanyak 285 ribu orang, mereka ambil jaminan hari tua ke BP Jamsostek. Kemudian, 1,3 juta mengundurkan diri, kalau dijumlah hampir 1,7 juta dan 10 hingga 11 juta tidak ada pekerjaan," ujarnya di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurutnya, pemerintah memikirkan dampak tersebut terhadap ekonomi karena penciptaan lapangan kerja juga masih minim sekira 2 hingga 2,5 juta per tahun.

Sementara, tantangan luar biasa sekarang yakni ada perubahan dari generasi milenial, sehingga pemerintah merancang RUU Cipta Kerja (Ciker).

"Kita sebut UU Ciker, mereka ada penciptaan lapangan kerja. Menyangkut seluruh sektor ekonomi, tapi ujungnya gimana ekonomi kita mampu ciptakan lapangan kerja," kata Susiwijono.

Adapun, ia menambahkan, permasalahan kenaikan upah jadi paling utama di Indonesia. bahkan kenaikannya jauh lebih tinggi dibanding Kamboja dan China.

"Sedangkan dari sisi produktivitas, kita terendah dengan kenaikan upah. Belum sebanding, pemerintah dorong kartu pra kerja dan peningkatan daya saing," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Ungkap 285 Ribu Buruh Terkena PHK dan Ada 11 Juta Orang Menganggur.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved