Virus Corona

Penelitian Terbaru, Dampak dari Virus Corona, Bisa Buat Tak Subur Pasien Laki-laki

Penelitian terbaru yang diterbitkan ilmuan Cina awal Februari ini menyebutkan virus Corona akan membuat sebagian besar pasien laki-laki tidak subur.

Penelitian Terbaru, Dampak dari Virus Corona, Bisa Buat Tak Subur Pasien Laki-laki
(Hubei Daily)
Penelitian Terbaru, Dampak dari Virus Corona, Bisa Bikin Mandul Pasien Laki-laki 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi Anda yang belum sempat memastikan tentang pentingnya menjaga kebersihan, Anda perlu membaca ini!

Penelitian terbaru yang diterbitkan ilmuan Cina awal Februari ini menyebutkan virus Corona akan membuat sebagian besar pasien laki-laki tidak subur. 

Penelitian terbaru tentang virus Corona oleh ilmuan dari Universitas Kedokteran Nanjing dan rumah sakit Suzhou dipimpin Dr Jianqing Wang, kepala Departemen Urologi Rumah Sakit Suzhou.

Ilustrasi
Ilustrasi (shutterstock)

 

Dikutip dari Thailand Medical News, penelitian baru ini dipublikasikan medrxiv.org dalam jurnal medis berjudul “ACE2 Expression in Kidney and Testis May Cause Kidney and Testis Damage, After 2019-nCoV Infection”.

Virus Corona biasanya menyerang ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2) sering ditemukan pada ginjal dan testis dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut.

Tim peneliti urologi yang terdiri dari Dr Jianqing Wang, Dr Caibin Fan, Dr Kai Li, Dr Yanhong Ding dan Dr Wei Lu berfokus pada jaringan ginjal dan testis karena ini juga 'kaya' dengan reseptor ACE2 terutama sel tubular ginjal, sel Leydig dan sel dalam saluran seminiferus di testis.

Bocah yang meninggal akibat virus corona di China dimasukkan dalam satu kantong mayat.
Bocah yang meninggal akibat virus corona di China dimasukkan dalam satu kantong mayat. (KOLASE/FACEBOOK.COM/MASTERQILI)

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa virus Corona baru menunjukkan patogenisitas yang kuat pada jaringan ginjal dan testis dengan lesi yang dihasilkan.

Jaringan testis yang rusak dapat menyebabkan infertilitas pada sebagian besar pasien pria.

Infertilitas mengistilahkan ketidakmampuan pasangan atau salah satu di antara pasangan untuk memiliki keturunan.

Para peneliti menyarankan bahwa selama perawatan dengan pasien yang terinfeksi virus Corona, dokter harus memperhatikan dan mengevaluasi fungsi ginjal, karena beberapa antivirus yang diketahui menunjukkan toksisitas ginjal dan dapat memperburuk kondisi ginjal.

Halaman
12
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved