DKI Jakarta

Hasil Survei Penanganan Banjir DKI Jakarta: Presentase Ahok Teratas, Ungguli Jokowi, Anies Merosot

Sebab, hasil persentase dari ketiga tokoh tersebut berada di bawah 50 persen. Berapa hasil respondennya?

Hasil Survei Penanganan Banjir DKI Jakarta: Presentase Ahok Teratas, Ungguli Jokowi, Anies Merosot
Kolase Foto: itoday.co.id/KOMPAS.com/NURSITA SARI/Metro Tempo.co.id
Perbandingan Banjir Jakarta di masa Pemerintahan Jokowi, Ahok dan Anies Baswedan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hasil survei Indo Barometer mensurvei isu permasalahan di DKI Jakarta, salah satu diantaranya yaitu penanganan banjir.

Hasilnya, mulai dari periode Joko Widodo, 15 Oktober 2012-16 Oktober 2014, Basuki Tjahaja Purnama, 16 Oktober 2014-9 Mei 2017, dan Anies Baswedan, 16 Oktober 2017-sekarang, tidak ada yang memuaskan.

Sebab, hasil persentase dari ketiga tokoh tersebut berada di bawah 50 persen.

"Menurut publik nasional, untuk masalah banjir, Basuki Tjahaja Purnama (42%), disusul Joko Widodo (25%), dan Anies Baswedan (4,1%)," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Qodari,

di sesi pemaparan hasil survei nasional “Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin” di Hotel Century Park Senayan, Minggu (16/2/2020) siang.

Dari hasil survei itu terungkap 61,4 persen responden menyatakan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah banjir di DKI Jakarta.

Jokowi, Ahok, Anies
Jokowi, Ahok, Anies (Kompas.com)

Yang menyatakan pemerintah pusat lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah banjir di DKI Jakarta sebesar (26.2%).

"Sebanyak (60.3%) publik menyatakan masalah banjir di DKI Jakarta dapat diselesaikan. Yang menyatakan masalah banjir di DKI Jakarta tidak dapat diselesaikan (27.3%)," beber Qodari.

Lima alasan tertinggi bahwa masalah banjir di DKI Jakarta dapat diselesaikan adalah penyebab banjir akibat manusianya (buang sampah,

penyalahgunaan pembangunan) (34.7%), penanganan banjir di Jakarta adalah masalah cara (21.3%), kepemimpinan gubernur di Jakarta berpengaruh terhadap penanganan banjir (11.7%),

Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved