Berita Sulut

Ekonomi Sulut Tahun 2019 Tumbuh 5,66 Persen, Ini Lapangan Usaha Kontributor Utamanya

Laju pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2019 tumbuh 5,99 persen. Angka itu lebih baik dari laju nasional yang berada di angka 5,02 persen

Ekonomi Sulut Tahun 2019 Tumbuh 5,66 Persen, Ini Lapangan Usaha Kontributor Utamanya
Tribun Manado / Fernando Lumowa
Kepala BPS Sulut, Dr Ateng Hartono menjelaskan pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2019 di kantornya, Rabu (05/02/2020) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Laju pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2019 tumbuh 5,99 persen. Angka itu lebih baik dari laju nasional yang berada di angka 5,02 persen.

Pertumbuhan ekonomi Sulut tahun lalu disumbangkan oleh lintas lapangan usaha. Meskipun begitu, ada setidaknya tiga lapangan usaha yang tumbuh signifikan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Dr Ateng Hartono menjelaskan, tiga lapangan usaha mencatatkan pertumbuhan tertinggi.

"Tiga lapangan usaha itu, sektor jasa lainnya, pendidikan dan pengadaan listrik dan gas," kata Ateng.

Pertumbuhan Ekonomi Sulut Melambat, Tumbuh 5,66 Persen di Tahun 2019

Jasa lainnya yang tumbuh 15,75 persen meliputi pariwisata yang pada tahun 2019 tumbuh 6,19 persen. Hal ini tak lepas dari program kerja sama penerbangan langsung dari sejumlah kota di Tiongkok ke Manado.

Tahun lalu, sedikitnya ada 123.998 orang wisman yang datang ke Sulut. Dari jumlah itu, 90 persen berasal dari negerj panda.

Sementara, untuk wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 2,2 orang.

Di samping angka wisman yang tinggi, terjadi peningkatan di jasa hiburan. Di mana, adanya ivent pariwisata nasio Al dan internasional yang digelar di Sulut turut berkontribusi positif.

VAP Cs Menanti SK Cagub Sulut dari Surya Paloh

" Misalnya,  Manado Fiesta, Festival Bunaken, Pemecahan rekor dunia selam, Festival Selat Lembeh. Itu mendorong pertumbuhan jasa lainnya," jelas dia.

Pemilu tahun lalu juga turut andil pada pertumbuhan ekonomi Sulut. Dimana, belanja dan konsumsi lembaga nonprofit cukup signifikan.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved