Berita Bitung

Jelang Cap Go Meh di Bitung, Lima Barongsai Datangi Rumah Umat

Pasca-mendapat izin atau restu digelarnya prosesi Goan Siau di Klenteng Seng Bo Kion pengurus dan rohaniawan melaksanakan serangkaian acara

Jelang Cap Go Meh di Bitung, Lima Barongsai Datangi Rumah Umat
Tribun manado / Christian Wayongkere
Barongsai Keliling Jelang Cap Go Meh 

TRIBUNMANADO.CO.ID - ‎Pasca-mendapat izin atau restu digelarnya prosesi Goan Siau atau Cap Go Meh, di Klenteng Seng Bo Kion pengurus dan rohaniawan melaksanakan serangkaian acara.

Menurut Pdt Rolly Ciwulusan rohaniawan Klenteng, jelang pelaksanaan prosesi Goan Siau atau Cap Go Meh tahun 2020 Imlek 2571 purnama agung.

Sabtu 8 Februari 2020 pihaknya telah melaksanakan sembahyang Tuhan atau Thiang Kong diawali dengan pemasangan bendera 5 jenderal langit pada Sabtu 1 Februari kemarin.

"Kamis besok mulai pukul 10.00 wita kami akan melaksanakan sembahyang suci Kwan Seng Tek Kun sekalian dengan asah pedang," kata Rolly kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (5/2/2020).

Penderita DBD di Sulut Tahun 2019 Ada 2.381 Jiwa, 28 Orang Meninggal, Ini Upaya Dinkes Mencegah

Lanjut Ko Awo sapaan Rolly, untuk pelaksanaan prosesi Goan Siau atau Cap Go Meh tahun 2020 Imlek 2571 purnama agung akan ada arak-arakkan, akan dikoordinasi lebih lanjut.

Pihaknya harus tanyakan sesuai dengan keyakinan, jam berapa arak-arakkan Kio Kio atau tandu yang akan di pakai, keluar dari Klenteng untuk prosesi ritual.

Steli Sondakh umat Klenteng Seng Bo Kiong Bitung menambahkan, jelang pelaksanaan Cap Go Meh pihaknya bersama pengurus Klenteng melaksanakan Barongsai ke rumah-rumah umat di Kota Bitung.

OD-SK 4 Tahun Pimpin Sulut, Siapkan Kolaborasi Peristiwa Merah Putih dan Valentine

Sebanyak lima Barongsai, oleh umat memberikan angpao dengan harapan akan dibuka jalan mendapat rezeki.

"Ini sebagai pertanda untuk membuka rezeki kepada umat dan menolak hal-hal kotor atau tidak baik," jelas Steli yang adalah adik kandung almarhum Hanny Sondakh Wali kota Bitung dua periode.

Barongsai Keliling Jelang Cap Go Meh
Barongsai Keliling Jelang Cap Go Meh (Tribun manado / Christian Wayongkere)

Barongsai yang keluar dari Klenteng Seng Bo Kiong Bitung, berjalan keliling kota Bitung menuju rumah umat Tridharma sejak Selasa kemarin hingga Rabu hari ini.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan Cap Go Meh Sabtu (8/2) nanti, pihak Klenteng melalui rohaniawan Pdt Rolly Ciwulusang, bermohon kepada pemerintah kota Bitung, TNI dan Polri untuk tunjang terlaksananya acara nanti.

Penderita DBD di Sulut Tahun 2019 Ada 2.381 Jiwa, 28 Orang Meninggal, Ini Upaya Dinkes Mencegah

Kiranya acara nanti dapat ditunjang oleh BKSUA, FKUB Bitung, khususnya pemerintah Wali kota dan wakil wali kota.

Wali Kota Bitung Max J Lomban mengucapkan selamat dengan akan digelarnya Cap Go Meh dan mengajak umat beragama di Bitung untuk menyukseskan.

Dengan gelaran dari umat Tridharma di Bitung semakin mempererat toleransi umat beragama di Kota Bitung, sehingga tercipta perdamaian bagi sesama manusia, hingga persatuan dan kesatuan untuk membangun kota Bitung lebih baik ke depan. (crz)

OD-SK 4 Tahun Pimpin Sulut, Siapkan Kolaborasi Peristiwa Merah Putih dan Valentine

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved