Olly ‘Kunci’ Calon Kepala Daerah di Minsel-Bitung-Bolsel

PDIP Sulawesi Utara memastikan mencalonkan 3 kader maju Pilkada Serentak 2020. Ketiga incumbent (petahana) pemilik ‘tiket’ adalah Bupati

Olly ‘Kunci’ Calon Kepala Daerah di Minsel-Bitung-Bolsel
Tribun Manado/Ryo Noor
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – PDIP Sulawesi Utara memastikan mencalonkan 3 kader maju Pilkada Serentak 2020. Ketiga incumbent (petahana) pemilik ‘tiket’ adalah Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru, Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, Wakil Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulut Olly Dondokmbey. “Untuk Bitung ada Maurits, FDW di Minahasa Selatan, Iskandar Kamaru untuk Bolsel," ujar Olly belum lama ini.

Cerita Legenda Bola Basket NBA Kobe Bryant: Iman Katolik yang Menyelamatkan

Frangky menjabat Sekretaris DPD PDIP Sulut, Maurits menjabat Ketua DPC PDIP Bitung dan Iskandar sebagai Ketua DPC PDIP Bolsel. Jika tiga daerah itu sudah disebut, 4 daerah lainnya belum demikian.

Daerah penyelenggara pilkada dimaksud, Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Minahasa Utara. "Untuk calon Manado, Tomohon dan Boltim sementara survei," ungkap Olly.

Ir Maurits Mantiri MM Ketua DPC PDIP dan calon walikota Bitung
Ir Maurits Mantiri MM Ketua DPC PDIP dan calon walikota Bitung (christian wayongkere/tribun manado)

Sementara, kata Olly, untuk Minut, tinggal selangkah lagi. Olly membeber Joune Ganda menempati survei tertinggi. "Elektabilitas (tingkat keterpilihan) Joune Ganda teratas," ujarnya. Joune tinggal menunggu keputusan DPP.

Perebutan kekuasaan di Ibu Kota Provinsi Sulut, Manado paling ketat. Partai politik bersaing mencari calon kepala daerah. Manado merupakan kota yang politiknya paling dinamis dibanding daerah lainnya.

Sedikitnya 7 parpol membuka pendaftaran calon. PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, PAN, Demokrat dan PSI. Parpol tersebut memiliki kursi di DPRD Manado yang total berjumlah 40 kursi. Minimal partai atau koalisi parpol di Manado harus memiliki 8 kursi atau 20 persen dari total kursi.

Bupati Kamaru Ultimatum APBDes Selesai Awal Februari
Bupati Kamaru Ultimatum APBDes Selesai Awal Februari (Istimewa)

PDIP menjaring 14 figur calon. Partai berlambang banteng ini menggunakan mekanisme terbuka tertutup. Artinya hanya khusus mengundang calon yang sudah ditentukan. PDIP punya 10 kursi DPRD Manado sehingga bisa mengusung meski tanpa koalisi. "Calon yang sudah mendaftar ini akan diseleksi di DPP," kata Franky.

Golkar juga termasuk yang lebih awal membuka pendaftaran. Partai berlambang beringin ini memiliki 5 kursi DPRD Manado. Calon dari eksternal dan internal ikut mendaftar. Paling menonjol Jimny Rimba Rogi.

Wawancara Eksklusif Sekretaris Jenderal Partai Hanura: Akhirnya Ada Sekjen Orang Bali

"Siapa diusung akan diputuskan DPP," ujar Ferryando Lamaluta, Wakil Ketua DPD I Golkar Sulut.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved