Berita Sulut

Terkait Sengketa Tapal Batas Bolmong dan Bolsel, Toar Palilingan : Semua Tahapan Harus Dilalui

Jadi kalau sedang berproses mungkin yang perlu diimbau di sini percepatan tetapi kalau menghambat bantuan saya pikir tidak ada hubungan

Terkait Sengketa Tapal Batas Bolmong dan Bolsel, Toar Palilingan : Semua Tahapan Harus Dilalui
TRIBUNMANADO/JUFRY MANTAK
Pengamat Hukum Sulawesi Utara Toar Palilingan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Toar Palilingan pengamat hukum tata negara dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) memberikan tanggapan mengenai tapal batas antara Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang masih bersengketa.

Hal ini dia sampaikan kepada tribunmanado.co.id saat diwawancarai via sambungan telepon, Senin (20/01/2020).

"Jadi kalau sedang berproses mungkin yang perlu diimbau di sini percepatan tetapi kalau menghambat bantuan saya pikir tidak ada hubungan," kata Toar Palilingan.

Ia melanjutkan, kecuali untuk lokasi-lokasi yang berhimpitan itu belum ada kepastian pasti akan kena imbas di seputaran tapal batas Bolmong dan Bolsel.

Terkait Tapal Batas Bolmong-Bolsel, Bupati Yasti : Kami Berpegang Pada Putusan MA

"Jadi saya pikir yang perlu diimbau ya harus gubernur kan yang memfasilitasi untuk percepatan di Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Toar Palilingan menyatakan, agar tidak ada yang dirugikan dan nanti jangan ada klaim-klaim setelah itu, seperti batas Minahasa dengan Manado.

"Jadi masalah Minahasa dengan Manado sebaiknya jangan ada, sampai bupati atau mantan bupati mempermasalahkan," tutur pengamat hukum tata negara itu.

Ganti Rugi Rp 17 M, Pengadilan Tinggi Manado Menangkan Gugatan Tanah Bandara Sam Ratulangi

Ia menyatakan, seyogyanya semua proses itu dilakukan benar-benar sesuai dengan mekanisme prosedur semua tahapan harus dilalui dan jangan ada yang dilangkahi.

"Jadi pelibatan dari tingkat level terbawah sampai di atas harus berjalan biar tidak ada komplain-komplain di belakang seperti cerita di balik Minahasa dan Manado," ujarnya.

Lanjut dia, jangan sampai di Bolmong dan Bolsel hal tersebut juga muncul.

"Dan jangan anggap enteng, semua prosedur harus dilalui, tetapi kalau masalah-masalah seperti itu Kementerian Dalam Negeri sudah biasa menangani," pungkas Toar Palilingan.

PPP Bitung Dukung Maurits di Pilwako Bitung dan Olly di Pilgub 2020

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved