Tambang Bakan

Terkait Tapal Batas Bolmong-Bolsel, Bupati Yasti : Kami Berpegang Pada Putusan MA

Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow bersikap tegas terhadap polemik tapal batas Bolmong - Bolsel

Terkait Tapal Batas Bolmong-Bolsel, Bupati Yasti : Kami Berpegang Pada Putusan MA
Tribun manado/Arthur Rompis
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow bersikap tegas terhadap polemik tapal batas Bolmong - Bolsel.

Menurut Yasti, Pemkab Bolmong berpegang pada putusan Mahkamah Agung (MA)
yang sudah membatalkan Permendagri nomor 40 tahun 2016.

"Perintah MA, pertama dibatalkannya Permendagri itu dan dibuat Permendagri baru yang mengacu pada keputusan dan perjanjian sebelum pemekaran," ujar Yasti.

Menurut Yasti, dua titik harus jadi acuan setelah putusan MA keluar. Yakni Itum - Itum dan Tapak Musolag.

Komisi I DPRD Sulut Minta Pemprov Kaji Pendanaan Pilkada Khusus Dana Pengamanan

"Kedua titik itu yang menjadi pedoman baru batas wilayah Bolmong dan Bolsel. Karena merupakan keputusan saat dimekarkan oleh pemerintah Bolmong sebelumnya," kata dia.

Sebut dia, tapal batas Bolmong - Bolsel kini berstatus quo pasca putusan MA. Yasti mengaku terus mendorong pemerintah baik provinsi maupun Kemendagri untuk mempercepat proses penerbitan regulasi baru tentang batas daerah Bolsel dan Bolmong.

“Iya, kita terus mendorong itu untuk secepatnya difasilitasi dan diselesaikan. Karena itu ada hak-hak daerah dan masyarakat Bolmong,” katanya.

Diketahui, tapal batas tersebut sebelumnya ditetapkan lewat UU nomor 30 tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Bolsel. Pemkab Bolmong lantas melakukan uji material di MA. Kemudian dalam putusannya, MA menerima Judicial Review dari Pemkab Bolmong terhadap Permendagri Nomor 40 tahun 2016.

Viral Video di Medsos Siswi SMP Pesta Miras Sambil Merokok, Ini Kata Kadis Pendidikan Mitra

MA dalam putusannya berpendapat bahwa Permendagri Nomor 40 tahun 2016 bertentangan dengan Pasal 3 huruf a, Pasal 5 ayat (1) huruf a, Pasal 5 ayat (1) huruf b, Pasal 6 huruf c, Pasal 7 ayat (1), ayat (2), ayat (3), Pasal 8 ayat 1 huruf a, Peraturan Mendagri Nomor 76 tahun 2012 Tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah ; dan menyatakan Pasal 2, Pasal 4 jo.

Lampiran Peta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2016 Tentang batas Daerah Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Bolsel, Bertentang dengan Pasal 2 huruf (a) dan huruf (e) Undang Undang Nomor 4 tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial.

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved