Peringatan Dini BMKG

Peringatan Dini BMKG: Cuaca Ekstrem hingga 12 Januari 2020: Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Badai

Peringatan Dini cuaca ekstrem dari BMKG untuk Jumat (10/1/2020) hingga Minggu (12/1/2020), waspada hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wila

Peringatan Dini BMKG: Cuaca Ekstrem hingga 12 Januari 2020: Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Badai
PEXELS.COM/Josh Sorenson
ILUSTRASI hujan lebat - BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia, yang berlaku pada Selasa (15/10/2019) besok. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca ekstrem hingga Minggu (12/1/2020).

Peringatan Dini cuaca ekstrem dari BMKG untuk Jumat (10/1/2020) hingga Minggu (12/1/2020), waspada hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Diperkirakan untuk pekan ini, Indonesia akan diguyur hujan berintensitas yang bervariasi.

Dikutip dari laman bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc, merilis hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Sejarah Mencatat Sulawesi 24 Kali Terjadi Tsunami, 4 Kali Dipicu Megathrust di Sulawesi Bagian Utara

Berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Meningkatnya pola tekanan rendah di BBS di sekitar Australia dapat membentuk pola konvergensi atau pertemuan massa udara dan belokan angin.

Hal tersebut meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator.

Berdasarkan model prediksi, aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah Indonesia selama periode sepekan ke depan, kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia.

BMKG memperkirakan pekan ini terdapat potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut dikutip dari bmkg.go.id:

Halaman
1234
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved