Berita Terkini

Curah Hujan Meningkat, Warga Diimbau Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Meski curah hujan mulai meningkat beberapa pekan terakhir ini namun sejumlah wilayah di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) masih dalam kondisi.

Curah Hujan Meningkat, Warga Diimbau Waspada Banjir dan Tanah Longsor
Tribun Manado/Nielton Durado
Meski curah hujan mulai meningkat beberapa pekan terakhir ini namun sejumlah wilayah di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) masih dalam kondisi aman terkendali. 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Meski curah hujan mulai meningkat beberapa pekan terakhir ini namun sejumlah wilayah di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) masih dalam kondisi aman terkendali.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daanan Mokodompit, dikonfirmasi Senin (6/1/2019).

Dikatakan Danaan, Bolsel merupakan salah satu wilayah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

“Tapi Alhamdulillah dari hasil pantauan tim dilapangan belum ada wilayah yang terdampak banjir, begitu juga kami belum menerima laporan dari pemerintah desa kalau ada desa-desa yang tergenang banjir," ujarnya.

"Memang sejak hujan keras yang terjadi beberapa hari ini ada volume air dibeberapa titik sempat naik, tapi berangsur turun jadi tidak mengakibatkan adanya genangan air dirumah-rumah warga,” kata Daanan.

Meski demikian, mantan camat Pinolosian tengah (Pinteng) ini mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap waspada dengan cuaca yang cukup esktrim akhir-akhir ini.

“Kepada seluruh masyarakat kami selaku instansi teknis mengimbau untuk lebih waspada lagi."

"Jangan ada masyarakat yang pergi ke kebun terutama kebun yang ada dipegunungan, begitu juga bagi masyarakat yang tinggal dibantaran sungai supaya jeli membaca situasi alam," kata dia.

Ia juga meminta agar warga jangan bertahan dirumah jika debit air sungai mulai meningkat.

Bagi warga yang ingin bepergian, harus berhati-hati jika melintasi wilayah rawan longsor.

"Kami juga mengimbau kepada para nelayan, agar jangan dulu melaut ketika cuaca sedang tidak bersahabat,” imbau Mokodompit.

Sementara Camat Pinolosian timur (Pintim) Arfan Djafar mengaku, wilayah Pintim masih dalam kondisi aman terkendali meski Pintim merupakan salah satu kecamatan yang rawan banjir.

“Alhamdulillah tidak ada desa yang terdampak, dan Insyaa Allah tidak akan ada yang terdampak. Namun meski demikian, melalui pemerintah desa kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada,” tutupnya. (Nie)

Apel Kerja Awal Tahun, RR-RD Lakukan Pencanangan Pelestarian Danau Tondano

Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved