Berita Minahasa Utara

KPU Minut Tetapkan Maskot Si Kadera Lambang Pilkada Minut

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara menetapkan ‘Si Kadera’ sebagai maskot pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minut.

KPU Minut Tetapkan Maskot Si Kadera Lambang Pilkada Minut
Istimewa
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara menetapkan ‘Si Kadera’ sebagai maskot pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara menetapkan ‘Si Kadera’ sebagai maskot pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara 2020.

“Si Kadera merupakan akronim dari Kelapa Demokrasi. Dinamakan Kadera, karena Kadera bahasa kita sehari-hari yang artinya kursi, kita hanya mengambil kata kadera supaya bisa lebih dikenal dan familiar."

"Maskot mengambil karakter buah kelapa ini memiliki nilai kearifan lokal yang ada di Minahasa Utara,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Minut Hendra Lumanauw, Minggu (5/1/2010).

Lanjutnya, desain gambar Si Kadera menggunakan ikon buah kelapa sebagai elemen utama pembuatan gambar maskotnya.

Maskot Si Kadera, sebelumnya sudah diperkenalkan saat launching Pilkada 2020 oleh KPU Minut 16 Desember 2019.

Si Kadera digambar dengan pola desain karikaturalistik, buah kelapa yang tersenyum lebar, kedua tangan kiri dan kanannya memegang surat suara dan paku pencoblos, menggunakan penutup kepala juga ikat pinggang motif khas Minahasa Utara sementara kepala ikat pinggangnya bertuliskan ‘KPU Melayani’ dibalut pita merah putih.

Sebagai maskot yang tercitrakan lewat gambar dan simbol, Si Kadera sudah tentu memiliki pesan atau makna filosofis yang terkandung di dalamnya.

UPDATE Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Sangihe, 3 Warga Meninggal, 49 Rumah Rusak

Berikut dijabarkan makna filosofis Si Kadera (Kelapa Demokrasi), maskot KPU Kabupaten Minahasa Utara pada Pilkada 2020, yang sumbernya diambil dari infografis filosofi maskot, desain maskot Pilkada Kab. Minahasa Utara Tahun 2020, yang diedar KPU Minut.

*Balon teks dengan warna oranye dengan teks “Ayo Memilih untuk Kabupaten Minahasa Utara” : Simbol motivasi kepada warga Minahasa Utara untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Minahasa Utara 2020.

*Senyum Maskot : menggambarkan kegembiraan seluruh warga Minahasa Utara menyambut pelaksanaan Pilkada Minahasa Utara 2020.

Halaman
123
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved