Bencana Alam, Berikut Doa Minta Dilindungi Tuhan dari Bencana Banjir dan Longsor

Sebagai umat Islam, sangat dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, termasuk berdoa agar diselamatkan dari bencana.

Bencana Alam, Berikut Doa Minta Dilindungi Tuhan dari Bencana Banjir dan Longsor
translatemedia.com
Ilustrasi - Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru 2020, Catat Waktu yang Tepat untuk Berdoa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebagai umat yang percaya kepada Tuhan Maha Kuasa, doa adalah salah cara ampuh agar meminta perlindungan diri dari marabahaya.

Sebagai umat Islam, sangat dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, termasuk berdoa agar diselamatkan dari bencana yang datang tiba-tiba, semisal bencana longsor, banjir, gempa, dan kebakaran.

Ada doa yang bisa dilafalkan ketika menjumpai bencana gempa, banjir, kebakaran, dan musibah lainnya.

Dikutip dari laman muslim.or.id, doa saat menghadapi bencana banjir dan longsor itu di antaranya;

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu. (HR. Muslim)

Sosok Qassim Soleimani, Pimpinan Elite Iran yang Tewas oleh Serangan AS, Jenderal Ahli Strategi

Maksud dari kata-kata (فَجْأَةِ نِقْمَتِكَ) “siksa yang tiba-tiba” adalah bencana dan musibah yang tiba-tiba, hal ini lebih parah daripada bencana yang tidak datang tiba-tiba. Syaikh Abdul Mushin Az-Zamili menjelaskan,

ﻓﺠﺄﺓ ﺍﻟﻨﻘﻤﺔ ﺃﻭ ﻓﺠﺎﺀﺓ ﺍﻟﻨﻘﻤﺔ ﻣﻦ ﺑﻼﺀ ﺃﻭ ﻣﺼﻴﺒﺔ ﻳﺄﺗﻲ ﻋﻠﻰ ﻓﺠﺄﺓ ﺑﺨﻼﻑ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺳﺒﻘﻪ ﺷﻲﺀ ﺑﺄﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﺠﺄﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻜﻮﻥ ﺃﺧﻒ

“Siksa yang tiba-tiba yaitu berupa bencana atau musibah yang datang secara mendadak.Tentunya berbeda dengan musibah yang didahului oleh sesuatu (sebagai awalnya semisal penyakit) dan tidak mendadak, hal ini lebih ringan perkaranya.”. (Syarh Bulughul Maram)

Bencana yang datang tiba-tiba seperti longsor dan banjir tentu akan menghapuskan kenikmatan yang dianugrahkan Allah SWT.

Halaman
1234
Penulis: Rhendi Umar
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved