2020

BNPB Imbau Masyarakat Waspada Bencana di Tahun 2020, Gempa & Tsunami, Warga Diminta Lakukan Hal Ini

BNPB imbau masyarakat waspada bencana pada tahun 2020. Berikut penjelasannya.

BNPB Imbau Masyarakat Waspada Bencana di Tahun 2020, Gempa & Tsunami, Warga Diminta Lakukan Hal Ini
net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mengimbau kepada masyarakat waspada bencana di tahun 2020.

Melalui Kepala BNPB, Doni Monardo mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi bencana di tahun 2020.

Dalam konferensi pers akhir tahun 2019 yang diadakan BNPB, Senin (30/12/2019) Doni mengatakan agar masyarakat semakin memahami bahwa Indonesia ada di wilayah yang rentan terhadap bencana.

"Setiap saat kita mencoba untuk menemukan, bagaimana cara terbaik supaya masyarakat semakin paham bahwa Indonesia berada diposisi yang sangat rentan terhadap bencana," ujarnya di Graha BNPB.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (baju putih) di Graha BNPB, Senin (30/12/2019).
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (baju putih) di Graha BNPB, Senin (30/12/2019). (Larasati Dyah Utami/Tribunnews.com)

Melihat dari proyeksi perkiraan bencana pada tahun 2020 dari berbagai sumber Kementerian/Lembaga serta para pakar, tren yang harus diwaspadai adalah jenis bencana geologi seperti gempa bumi yang disusul tsunami dan jenis bencana vulkanologi seperti erupsi gunungapi.

lnformasi-informasi terkait potensi bencana tersebut menurut Kepala BNPB itu tidak lepas dari peran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat.

ILUSTRASI --- Kondisi pascatsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan, Sabtu (24/12/2018) malam.
ILUSTRASI --- Kondisi pascatsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan, Sabtu (24/12/2018) malam. (Kolase Tribun Manado/Ist)

Beberapa contoh tanggap bencana yang terjadi di masyarakat diterangkan Doni dapat mengurangi risiko, bahkan jumlah korban jiwa.

"Ini harus jadi budaya bagi kita untuk bisa mencermati informasi dari BMKG, karena adanya informasi bisa mengurangi resiko. Contoh beberapa kejadian masyarakat yang ada disejumlah daerah itu bisa selamat," ujarnya.

Selain karena informasi dari BMKG, hal tersebut disebutkan juga olehnya juga karena kerjasama sejumlah pihak yang ikut membantu mensosialisasikan hal-hal tanggap bencana, sehingga masyarakat bisa selamat ketika bencana terjadi.

"Karena kerjasama antara BMKG dengan para pimpinan di daerah, dibantu oleh unsur-unsur yang ada dari TNI Polri Badan Sar Nasional termasuk relawan yang mengingatkan masyarakat kita. Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat bisa selamat," ujar Doni

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved