Bawa Bintang Kejora di Rumah Ibadah: Begini Aksi Mahasiswa Papua di Beberapa Daerah

Kondisi Papua dipastikan kondusif pada saat hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Bawa Bintang Kejora di Rumah Ibadah: Begini Aksi Mahasiswa Papua di Beberapa Daerah
kompas.com
Puluhan mahasiswa asal Papua menggelar aksi unjuk rasa di depan Gong Perdamaian Dunia di Ambon, Minggu (1/12/2019). Aksi yang dilakukan bertepatan dengan HUT Organisasi Papua Merdeka ini dibubarkan paksa aparat kepolisian 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Kondisi Papua dipastikan kondusif pada saat hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Namun ada sejumlah orang yang diamankan di sejuml;ah tempat karena membawa dan menggunakan atribut OPM.

ODSK Ajak Masyarakat Sambut Natal dengan Sukacita, Beri Diakonia ke Anak Panti dan Cleaning Service

"Hingga saat ini situasi kondusif," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal saat dihubungi, Minggu (1/12). Menjelang HUT OPM sejumlah pejabat tinggi berkunjung ke Papua, di antaranya Panglima TNI, Kapolri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), hingga petinggi Badan Intelijen Negara (BIN).

Hingga tengah hari, kepolisian menegaskan tidak ada perayaan HUT OPM di Bumi Cenderawasih tersebut. "Tidak ada laporan dari polres jajaran terkait perayaan HUT OPM," tegas AM Kamal.

Begitu pula penjelasan Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto. Namun sebelumnya sempat terjadi aksi penembakan terhadap kendaraan pengawalan Delta Zona nomor lambung 01-4762 di Area Mile 60 RPU 47, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Sabtu siang.

Sehari sebelumnya, terjadi kontak tembak antara personel TNI dan kelompok kriminal bersenjata. "Aman terkendali sampai dengan saat ini, tidak ada gangguan," kata Eko.

Mengenai empat warga Papua yang ditahan polisi karena mereka menggunakan atribut Papua Merdeka. Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan empat warga itu sudah ditahan di Kantor Polsek Abepura untuk menjalani pemeriksaan.

Massa Aksi 212 Mulai Datang di Kawasan Monas, Posko Kesehatan dan Aparat Sudah Mulai Berjaga

Mereka memakai atribut atau ornamen Papua Merdeka yaitu melukis wajah motif Bintang Kejora. Sebelum ditangkap mereka tengah berada dalam rumah ibadah. Polisi meminta mereka keluar dari tempat ibadah dan dibawa ke Polsek Abepura yang berjarak sekira 200 meter.

"Saya sudah perintahkan kepala Polres Jayapura Kota mendalami kasus itu, untuk mengetahui apa rencana yang ingin mereka lakukan," kata Waterpauw. Saat melakukan penangkapan polisi menyita tiga bendera Bintang Kejora yang mereka bawa.

Polres Jayapura mengamankan 34 warga yang diduga akan melakukan kegiatan terkait HUT OPM. Kapolres Jayapura AKBP Viktor Mackbon mengungkapkan 34 orang itu diamankan pada Sabtu malam, sekira pukul 22.00 WIT.

Berdasarkan informasi, 34 orang tersebut anggota dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat5 (KNPB) yang akan melakukan kegiatan dalam rangka HUT OPM. Saat diamankan mereka kedapatan membawa sejumlah barang bukti berupa seragam dan lambang KNPB, katapel, badik, sangkur, dan parang.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved