Kinerja KOMPAS100 Berbeda Kutub

Performa saham anggota indeks KOMPAS100 minus sebanyak 2,77% sejak awal tahun. Performa tersebut tak lepas dari hasil kinerja emiten

Kinerja KOMPAS100 Berbeda Kutub
kontan.co.id
Pergerakan saham di IDX30 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Performa saham anggota indeks KOMPAS100 minus sebanyak 2,77% sejak awal tahun. Performa tersebut tak lepas dari hasil kinerja emiten anggota indeks tersebut selama periode Januari-September 2019.

Tito: Jakarta Seperti Kampung Dibanding Shanghai

Jika ditotal, pendapatan emiten indeks KOMPAS100 selama periode tersebut tercatat Rp 1.664,22 triliun, naik sekitar 5% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 1.584,02 triliun. Namun, total laba turun 2,34% menjadi Rp 211,44 triliun.

Jika dibagi per sektor, ada sembilan sektor dalam KOMPAS100. Dari sisi pendapatan, hanya dua sektor yang mengalami penurunan. Namun, dari sisi laba bersih, ada empat sektor yang membukukan penurunan (lihat tabel). "Banyak perusahaan yang performanya tidak sesuai target," ujar Vice President Research Artha Sekuritas Frederik Rasali, Senin (25/11).

Kondisi global menjadi salah satu faktor penurunan tersebut. Perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China yang berlarut-larut. Setiap ada kabar baik dari AS, China selalu menepisnya.

Imbasnya, harga komoditas bahan baku hingga permintaan terpengaruh. "Semuanya kena, termasuk juga tarif dagang juga," imbuh Frederik.

Belum lagi,  harga komoditas batubara yang belum menguat akibat pergeseran permintaan ke sumber energi bersih. Ini membuat kinerja sektor tambang tumbang.

Wagub Lampung Ngacir Usai Diperiksa KPK

Kondisi dalam negeri tak lebih baik untuk beberapa sektor. Sebut saja, sektor properti. Saat ini, para spekulan properti yang membeli properti kedua, ketiga dan seterusnya hilang.

"Jadi, yang membeli properti sekarang benar-benar end user," terang Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma.

Mereka pun memilih properti dengan harga terjangkau. Hal ini turut mempengaruhi kondisi properti yang nampak belum kembali booming.

Masih menantang

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved