Amalan Doa

Bayangan Mantan Masih Sering Menghantui? Berikut Doa Mengenai Hati yang Diajarkan Rasulullah

Bicara masalah hati, sering kali bisa menjadi persoalan pelik. Apa lagi kalau hati sudah jatuh ke lembah cinta, segala hal tentangnya terasa indah.

Bayangan Mantan Masih Sering Menghantui? Berikut Doa Mengenai Hati yang Diajarkan Rasulullah
TribunWow.com/OkiPratiwi
Ilustrasi doa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bicara masalah hati, sering kali bisa menjadi persoalan pelik.

Apa lagi kalau hati sudah jatuh ke lembah cinta, segala hal tentangnya termasuk kenangan pun akan terasa begitu indah. 

Nah berikut ini ada artikel menarik terkait hati yang dilansir Tribun Manado dari laman NU Online. Selain itu, ada juga doa yang diajarkan Rasulullah SAW terkait hati.

Artikel ini merupakan penjelasan dari Ustadz M. Tatam Wijaya, Alumni PP Raudhatul Hafizhiyyah Sukaraja-Sukabumi, Pengasuh Majelis Taklim “Syubbanul Muttaqin” Sukanagara-Cianjur, Jawa Barat.

Berikut penjelasannya:

Walau seseorang sudah menikah, terkadang hatinya masih belum bisa beranjak dari mantan yang pernah dicintai atau mencintai dirinya. Anak-anak muda sekarang menyebutnya “belum bisa move on.”

Begitu pun pasangan suami-istri yang sudah cukup lama menikah. Mereka bukan fokus mencintai pasangan tetapi malah mencintai perempuan atau pria lain.

Ingin Turunkan Berat Badan Dengan Optimal? Ini 5 Tipsnya, dari Konsumsi Sayur Hingga Memasak

Memang cinta adalah urusan hati. Sehingga seseorang terkadang kesulitan untuk mengendalikannya. Namun, perlu diingat bahwa cinta bukan sesuatu yang datang tiba-tiba.

Ia terlahir dari perhatian dan kasih-sayang, baik dari orang yang mencinta maupun dari orang yang dicinta.

Ada pula yang mengatakan, cinta bukan benda mati, melainkan sesuatu yang harus diperjuangkan.

Sehingga bila seorang suami atau istri sudah mulai tak cinta kepada pasangannya, mereka harus berjuang bagaimana caranya agar mampu menumbuhkan dan menyuburkan kembali cinta itu di antara mereka.

Lantas bagaimana seorang yang terlanjur diuji dengan rasa cinta kepada orang yang bukan pasangannya?

Adakah tuntunan Rasulullah ﷺ untuk memperbaiki hatinya? Sebab, bila dibiarkan, ia justru akan memutus tali perkawinan dan merusak bangunan rumah tangga yang sudah ia bina.

Berbicara masalah hati, Rasulullah ﷺ pernah memberikan gambaran,

“Sesungguhnya hati bani Adam yang berada di antara dua jari Dzat Yang Maha-Rahman itu bagaikan satu hati saja. Dia selalu mengubah-ubahnya sesuai dengan kehendak-Nya,” (HR al-Tirmidzi).

Karena itu, ketika seseorang merasa kesulitan untuk mengendalikan hatinya, maka pasrahkanlah kepada Dzat yang maha-membolak-balikkannya, yakni Allah subhanahu wata'ala.

Masih soal hati, dalam hadis lain, Rasulullah ﷺ menyatakan, “Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong.

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved